get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Bandung Hadirkan Ribuan Produk UMKM di Semarak Karnaval Budaya Bedas 2024

Pemkab Bandung Cetak Rekor MURI Pembuatan 1 Juta Lubang Resapan Biopori

Senin, 23 Oktober 2023 | 16:44 WIB
header img
Pemkab Bandung Cetak Rekor MURI Pembuatan 1 Juta Lubang Resapan Biopori. (Foto: Ist)

Kang DS juga berharap, kepada sejumlah dinas, di antaranya Dinas Pertanian untuk membuat lubang untuk proses pembuatan komposting yang berasal dari dedaunan.

"Jadi dedaunan itu bukan dibakar, tapi dibuatkan komposting. Ini akan lebih efektif dan bermanfaat. Dengan kebersamaan, persoalan sampah akan menemukan solusi. Insya Allah ke depan, Kabupaten Bandung tidak perlu lagi TPA untuk penyelesaian sampah di Kabupaten Bandung," paparnya.

Kang DS mengungkapkan, bahwa peristiwa kebakaran Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah Sarimukti (TPPAS) Kabupaten Bandung Barat pada 19 Agustus 2023 lalu, sampai saat ini masih dalam proses penanganan sehingga belum bisa operasional secara efektif.

"Harus menjadi pembelajaran bagi kita semua, bahwa tidak ada tempat untuk menampung sampah kita, kecuali ditangani dari sumbernya," imbuhnya.

Dalam kondisi darurat sampah itu, Kang DS mengeluarkan Surat Edaran Bupati Bandung Nomor: 600.4.15./006/2778/DLH tentang Bulan Gebyar Pembuatan Lubang Cerdas Organik/Lubang Resapan Biopori Untuk Penanganan Sampah Organik dan Konservasi Sumberdaya Air.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut