get app
inews
Aa Read Next : Thailand Industrial Business Matching 2024 Buka Peluang Bisnis dengan Indonesia

Ini Dia 7 Kesamaan Dunia Politik di Anime Naruto dengan Indonesia

Rabu, 01 November 2023 | 10:56 WIB
header img
Kesamaan Dunia Politik Anime Naruto dengan Indonesia. (Foto: @susilodwicondro)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Naruto merupakan salah satu serial anime asal Jepang yang paling populer di dunia. Anime yang diadaptasi dari manga karya Masashi Kishimoto tersebut mengambil latar di dunia ninja.

Selain bisa menyaksikan momen pertarungan yang epik dari para karakter, sebenarnya ada juga unsur politik yang dimuat dalam anime Naruto ini.

Pasalnya, sebagian besar cerita dalam anime ini berlatar di Desa Konoha atau Konohagakure yang dipimpin oleh seorang Hokage dan memiliki sejarah politik yang menarik. Bahkan, sejarah pemerintahan Konohagakure cukup mirip dengan dunia politik Indonesia, lho!

Penasaran apa saja kemiripannya? Dilansir dari laman Kincir, ini dia 7 kesamaan politik Konoha di anime Naruto dengan politik Indonesia:

1. Pemimpin pertama yang mendirikan kedaulatan wilayah

Dalam anime-nya, Konohagakure baru berdiri setelah Hashirama Senju yang saat itu menjabat sebagai pemimpin klan Senju menjalin perdamaian dengan klan Uchiha. Hashirama dan sahabatnya, yaitu Madara Uchiha, pun mendirikan sebuah desa ninja pertama di sebuah wilayah luas yang ada di Negara Api.

Setelah Konohagakure berdiri, Hashirama pun dipercaya untuk menjadi pemimpin dari desa tersebut, yang kemudian memiliki sebutan Hokage. Hal ini karena Hashirama menjadi sosok yang dipercaya oleh dua klan terbesar saat itu, yakni Senju dan Uchiha.

Sejarah Hashirama ini pun terbilang mirip dengan presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Soalnya, Soekarno juga menjadi sosok proklamator kemerdekaan Indonesia pada 1945 sehingga menjadi negara berdaulat yang berdiri sendiri. Soekarno juga mendapatkan kepercayaan dari kaum pemuda untuk menjadi pemimpin dari Republik Indonesia.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut