get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Disematkan Pusaka Kujang, Putra Terbaik Nusantara Setelah Gajah Mada dan Soekarno

Cinta Lingkungan, Relawan Ganjar Pranowo Gelar Bersih-Bersih Kampung di Lembang 

Senin, 13 November 2023 | 06:22 WIB
header img
Relawan Ganjar Pranowo bersih-bersih kampung. Foto Istimewa

LEMBANG, iNewsBandungRaya.id - Relawan Ganjar Pranowo menggelar jalan sehat sekaligus bersih-bersih kampung di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (12/11/2023).

Kegiatan dari relawan bernama Kawan Juang GP ini diikuti oleh ratusan peserta. Acara dimulai pada pukul 7 pagi dari Lapangan Balai Desa Suntenjaya, menuju Jalan raya Cibodas-Bukittunggul, sejauh 1 kilometer. 

Peserta kemudian memasuki jalur perkampungan dari Patrol hingga Kampung Cibodas sepanjang 1,5 kilometer. 

Setelah itu rombongan kembali memasuki jalan raya Cibodas-Bukittunggul dan menyusuri jalan aspal sepanjang 1 kilometer hingga mencapai titik finish di lapangan desa kembali. Total jarak tempuh 3,5 kilometer dilalui selama 1 jam 30 menit.

Koordinator acara Kawan Juang GP, Indra Nugraha, menyatakan bahwa tema gerak jalan dan bersih-bersih kampung merupakan manifestasi cinta lingkungan

"Misi yang kami bawa adalah mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," kata Indra, dalam keterangan tertulisnya. 

Selain kantong sampah plastik, panitia juga melengkapi peserta dengan kaos tangan agar tetap higenis saat memungut sampah di jalanan.

Acara yang digagas untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November, dimaknai bahwa semua orang bisa menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitarnya. 

Sementara itu, salah satu perwakilan warga, Asep Nandang mengatakan warga desa Suntenjaya sangat senang dengan acara tersebut. 

"Warga bergotong-royong menyiapkan acara ini mulai dari perlengkapan, panggung, rute, hingga mendata peserta," ujar Asep. 

Acara selesai pada pukul 11 siang, yang dimeriahkan dengan senam poco-poco, pentas musik tradisional dan pembagian hadiah door prize.  

Perhelatan di Suntenjaya merupakan kali ketiga acara gerak jalan yang diselenggarakan oleh Relawan KawanJuang GP di Lembang.

Sebelumnya acara sejenis dilaksanakan di Desa Cibodas dan Langensari yang diikuti oleh lebih dari 1500 peserta.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut