get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Bandung Diprediksi Hujan Lebat, Ini Dia Tips Untuk Menghadapinya

BMKG Sebut Gempa Sumedang Disebabkan Sesar Lokal Aktif

Senin, 01 Januari 2024 | 14:34 WIB
header img
Gempa bumi magnitudo 4,8 mengguncang Sumedang. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung menyatakan, peristiwa gempa bumi beruntun yang terjadi di Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023) disebabkan sesar lokal yang aktif.

Kepala Stasiun Geofisika dari BMKG Kelas 1 Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, meski disebabkan oleh sesar lokal, pihaknya masih melakukan penelitian mendalam mengenai sumber peristiwa gempa bumi yang terjadi jelang malam pergantian tahun baru 2024 ini. 

"Untuk sementara ini kami belum bisa mengidentifikasi secara jelas ini (gempa) dari aktivitas sesar yang mana, namun bisa kita sampaikan ini dari aktivitas sesar lokal yang aktif," ucap Teguh, Senin (1/1/2024). 

Teguh mengatakan, gempa Sumedang terjadi secara beruntun dan tercatat kekuatan gempa bumi ada yang mencapai magnitudo 4.8. Adapun total gempa bumi terjadi sebanyak lima kali. 

"Lima rentetan gempa ini terjadi kemarin malam. Ada gempa utama dengan kejuatan (Magnitudo) 4.8. Kalau melihat dari tren gempa susulan yang meluruh (kekuatannya) 2 koma sekian mudah mudahan sudah meluruh," jelasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut