get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bandung 2 Kali Diguncang Gempa, BNPB: 3 Kepala Keluarga Terdampak

Bantuan Rumah Rusak Akibat Gempa Sumedang Masih Tunggu Hasil Verifikasi

Rabu, 03 Januari 2024 | 16:07 WIB
header img
Rumah rusak akibat gempa Sumedang. (Foto: Biro Adpim Jabar)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat masih menunggu hasil verifikasi lapangan untuk bantuan yang akan diberikan kepada warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Sumedang yang rumahnya mengalami kerusakan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, bahwa berdasarkan update dari aplikasi Sitabah, jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa sebanyak 1.136, dengan rincian 876 rusak ringan, lalu 136 rusak sedang, dan sebanyak 124 rusak berat.

"Pada pengalaman gempa di Cianjur beberapa waktu ke belakang, bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat untuk bangunan rusak di antaranya rumah rusak berat adalah Rp60 juta, rusak sedang Rp30 juta, dan rusak ringan Rp15 juta," ucap Bey usai meninjau kondisi terkini RSUD Sumedang pasca gempa bumi pada Rabu (3/1/2024).

Pada kesempatan ini, Bey juga menyempatkan diri meninjau rumah-rumah yang mengalami kerusakan dampak gempa Sumedang di Kelurahan Cipamempeuk.

Pihaknya pun meminta kepada masyarakat untuk tidak menyimpulkan terkait dari mana sumber gempa berasal. Pasalnya, saat ini BMKG masih melakukan pendalaman.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut