get app
inews
Aa Read Next : 3 Rekomendasi Makanan Berkuah di Bandung yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

4 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Cirebon, Cocok Disantap saat Musim Hujan

Kamis, 04 Januari 2024 | 16:49 WIB
header img
Empal Gentong. (Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Sebagai salah satu kuliner legenda, empal gentong bisa kamu temukan di setiap sudut Kota Cirebon. Namun, ada beberapa restoran empal gentong yang cukup populer di antaranya Empal Gentong H. Apud, Empal Gentong Amarta, Empal Gentong Krucuk, Empal Gentong Bu Darma, dan Empal Gentong Hj. Dian.

2. Empal Asam

Meski tetap menggunakan empal sebagai bahan utama, empal asam menawarkan cita rasa yang berbeda dari empal gentong. Jika rasa empal gentong pedas dan gurih, empal asam justru dominan dengan rasa asam.

Rasa asam kuliner cirebon ini berasal dari belimbing wuluh yang turut direbus. Layaknya empal gentong, empal asam juga bisa dinikmati bersama nasi ataupun lontong.

Kamu juga bisa menambah usus, babat, maupun kikil sesuai selera ke dalam empal asam. Sebagai penambah rasa, cobalah untuk menambahkan sambal atau kecap pada hidangan kamu.

3. Mie Koclok

Jika Bandung punya mi kocok, maka Cirebon punya mi koclok sebagai kuliner legendarisnya. Berbeda dengan mi kocok, mi koclok memiliki kuah lebih kental karena terbuat dari santan, kaldu dan campuran tepung maizena.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut