get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan! Metro Indah Mall Gelar Pertunjukan Barongsai dan Gelagar Hadiah

Waspada Potensi Hujan saat Libur Imlek dan Pemilu

Jum'at, 09 Februari 2024 | 22:08 WIB
header img
Waspada Potensi Hujan saat Libur Imlek dan Pemilu.(Foto: Ilustrasi/Pixabay)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Seiring kedatangan rentetan liburan Imlek yang dinanti-nantikan dan momentum penting Pemilu 2024. Ternyata antusiasme tersebut mungkin akan terhalang oleh perkiraan cuaca yang tidak begitu menguntungkan.

Jelang akhir pekan yang panjang ini akan menjadi momen menarik untuk menghabiskan liburan panjang bersama keluarga maupun teman. Berbagai persiapan liburan tentu disiapkan, terutama pada masyarakat untuk menghimbau kondisi cuaca. Karena potensi curah hujan lebat diperkirakan terjadi di banyak tempat pada satu minggu ke depan.

Menurut pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah di Indonesia berpotensi akan diguyur hujan lebat selama liburan Imlek dan Pemilu. Proyeksi cuaca ini menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan banjir, longsor, dan gangguan lainnya yang mungkin mengganggu perjalanan wisatawan serta partisipasi pemilih.

“Kondisi cuaca di Indonesia sepekan ke depan secara umum akan dipengaruhi oleh aktivitas monsun asia yang memicu potensi perhubungan awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di bagian Tengah dan Selatan,” imbau BMKG melalui aku instagram resminya @infobmkg. 

Para pakar cuaca menegaskan bahwa fenomena ini merupakan pertumbuhan awan hujan juga gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia, yang menghasilkan cuaca tidak menentu. 

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut