get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan! Metro Indah Mall Gelar Pertunjukan Barongsai dan Gelagar Hadiah

Meihua, Pohon Angpao Penuh Akan Makna

Sabtu, 10 Februari 2024 | 06:37 WIB
header img
Pohon meihua. (Foto: Ryoji Hayasaka on Unsplash)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id. Pesta Imlek, perayaan Tahun Baru Tionghoa, tak lepas dari keindahan pernak-pernik yang melengkapi nuansa festifnya. Salah satu elemen yang secara khas menambah pesona visual Imlek adalah pohon meihua (), atau sering disebut sebagai pohon bunga plum.

Pohon meihua tidak hanya menjadi simbol keindahan, tetapi juga menyimpan makna budaya yang dalam bagi masyarakat Tionghoa. Dengan bunga berwarna pink yang mempesona, pohon meihua menghiasi rumah-rumah, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum lainnya selama perayaan Imlek biasanya dilengkapi dengan beberapa angpao sebagai hiasan yang melengkapinya, menciptakan suasana yang penuh semangat dan kegembiraan dalam menyambut awal tahun baru.

Pohon meihua memiliki makna khusus bagi masyarakat Tionghoa selama perayaan Imlek. Beberapa makna penting dari pohon meihua dalam konteks perayaan Imlek adalah:

1. Kekuatan dan Ketahanan

Meihua tumbuh subur di musim dingin, bahkan ketika cuaca sangat dingin. Oleh karena itu, pohon meihua dianggap sebagai simbol ketahanan dan kekuatan. Masyarakat Tionghoa melihatnya sebagai perwujudan semangat untuk tetap kuat dan mekar di tengah tantangan hidup.

2. Keindahan dan Kebahagiaan

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut