get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Cetak Ulang Surat Suara Rusak Beres, Bawaslu Cimahi Kawal Logistik Hingga ke TPS

Sabtu, 10 Februari 2024 | 06:53 WIB
header img
Kordiv SDMO dan Diklat, Bawaslu Kota Cimahi, Ahmad Hidayat memastikan akan terus mengawasi pendistribusian logistik Pemilu hingga ke TPS yang akan dilakukan sehari sebelum tanggal 14 Februari 2024. Foto/Inews Bandung Raya

CIMAHI,Inews Bandungraya.Id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi akan mengawal secara ketat pendistribusian logistik Pemilu hingga ke TPS. Sesuai ketentuan semua logistik Pemilu harus sudah didistribusikan ke semua TPS pada H-1 pencoblosan.

Koordinator Divisi (Kordiv) Sumberdaya Daya Manusia, Organisasi, dan Pendidikan, Pelatihan (SDMO dan Diklat), Bawaslu Kota Cimahi, Ahmad Hidayat mengatakan, berdasarkan pengawasan yang dilakukan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara telah siap didistribusikan.

"Logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU yang berada di Gudang Bulog Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, telah selesai dilakukan proses sortir dan lipat (Sorlip) hingga pengepakan, dan 100% siap untuk didistribusikan ke TPS," tuturnya, Jumat (9/2/2024).

Menurutnya, secara keseluruhan persiapan untuk pencoblosan tanggal 14 februari 2024 di Kota Cimahi telah siap. Guna memastikan distribusi logistik Pemilu dilakukan dengan baik, Bawaslu Kota Cimahi menginstrusikan ke Panwascam dan PKD untuk mengawasi secar ketat.

"Tentunya kami ingin memastikan seluruh logistik yang akan digunakan pada pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai dengan prosedur," sambungnya.

Adapun logistik yang telah didistribusikan terlebih dahulu yakni, Bilik Suara. Logistik tersebut telah didistribusikan ke PPS pada Jumat, (19/1/2024) lalu dengan jumlah sebanyak 6.240 buah.

Pengawasan terhadap kelengkapan dan keterpenuhan surat suara yang akan digunakan pada pemungutan dan penghitungan suara, juga sudah hampir 100%. Hasil pengawasan yang dilakukan pengawas menemukan banyak surat suara yang rusak pada proses Sorlip.

"Makanya Bawaslu Kota Cimahi merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan penggantian terhadap surat suara yang rusak tersebut," ujarnya.

Terkait surat suara yang dicetak ulang, Ahmad menjelaskan, telah dilakukan pencetakan ulang dan pengambilan secara bertahap. KPU dan Bawaslu Kota Cimahi telah menjemput langsung surat suara yang dicetak kembali di PT Temprina Media Grafika di Nganjuk, Jawa Timur.

"Surat suara yang rusak dan dicetak kembali adalah surat suara DPR RI Dapil Jabar 1 sebanyak 840 lembar (2 boks) dan surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.215 lembar (3 boks)," sebutnya.

Selain itu Bawaslu dan KPU Kota Cimahi juga melakukan pengawasan cetak ulang ribuan surat suara dari PT Gramedia Printing di Jalan Rancaekek Km 24 Desa Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Pencetakan itu dimaksudkan untuk pemenuhan kebutuhan surat suara di seluruh daerah pemilihan (dapil) di Kota Cimahi.

"Surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dicetak ulang 877 lembar, surat suara Anggota DPRD Kota Dapil 1 Cimahi sebanyak 394 lembar, serta surat suara DPRD Kota Dapil 6 Cimahi sebanyak 255 lembar," tandasnya.

Setelah seluruh surat suara yang rusak atau cacat produksi dicetak ulang, pihaknya tetap melakukan pengawasan dengan mendatangi langsung Gudang Logistik KPU Kota Cimahi untuk memastikan seluruh logistik diproses sesuai aturan dan tinggal di packing dimasukkan ke sampul masing-masing.

"Secara keseluruhan untuk lima surat suara sudah tidak ada lagi yang rusak maupun cacat produksi, sudah 100% selesai dan tinggal menunggu tanggal pendistribusian ke TPS-TPS," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut