get app
inews
Aa Read Next : LBH BN dan Mantan PPK Desak Bawaslu Jabar Segera Proses Hukum Ketua KPU Garut

Cegah Kecurangan, Panwascam Cimahi Selatan Minta 672 Pengawas TPS All Out

Senin, 12 Februari 2024 | 21:29 WIB
header img
Koordinator Divisi HP2HM Panwascam Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Agus Susanto (kanan). Foto/Inews Bandung Raya

CIMAHI,Inews Bandungraya.Id - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cimahi Selatan, Kota Cimahi meningkatkan pengawasan menjelang hari H pencoblosan tanggal 14 Februari 2024.

Untuk mengintensifkan pengawasan, maka keberadaan pengawas TPS akan dimaksimalkan di semua lokasi TPS.

"Pengawas TPS (PTPS) jumlahnya satu orang, di Kecamatan Cimahi Selatan yang mencakup lima kelurahan totalnya ada 672 TPS," terang Koordinator Divisi HP2HM Panwascam Cimahi Selatan, Agus Susanto kepada wartawan di Kantor Sekretariat Panwascam Cimahi Selatan, Senin (12/2/2024).

Menurutnya tugas PTPS cukup penting dalam melakukan upaya pencegahan dan pengawasan kecurangan. Mereka juga akan mengawal proses distribusi logistik H-1 pencoblosan masing-masing di Kelurahan Utama, Melong, Cibeureum, Leuwigajah, dan Kelurahan Cibeber.

"Petugas PTPS yang tersebar di lima kelurahan yang ada di Cimahi Selatan juga akan ikut mengawal distribusi logistik, sampai mereka bertugas di hari H pencoblosan dari pagi hingga selesai perhitungan suara. Jadi kondisi badan harus benar-benar dijaga dan fit, karena tugas pengawasannya tidak mudah," terangnya.

Selain itu, lanjut Agus, selama melaksanakan Pengawasaan dan Pencegahan pada Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS se-Kecamatan Cimahi Selatan pihaknya masih menemukan berbagai kesalahan. Khususnya saat pendistristribusian logistik yang dilakukan KPU, Minggu (11/2/2024).

Seperti ripet yang belum tersegel dan kotak suara rusak akibat tali pengikat di truk pengangkut bahan logistik. Rekomendasinya agar KPU menenpelkan segel dan menganti kotak suara yang rusak.

Upaya pencegahan dan pengawasan merupakan implementasi Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 66 Tahun 2024 Tentang Pedoman Teknis Pemungutan Suara.

"Kami ingin memastikan tempat penyimpanan logistik suara di PPS atau kecamatan aman. Supaya tidak menghambat pada saat pemungutan dan perhitungan suara. Sementara ini hasil pengawasan di lapangan pendistribusian logistik dari gudang KPU telah didistribusikan," tandasnya.

Ketua Panwascam Cimahi Selatan, Rd. Endar Bono Suwarsono menambahkan, pengawasan pada saat pemungutan dan perhitungan suara akan melibatkan sebanyak 672 PTPS yang tersebar di Kecamatan Cimahi Selatan.

Diharapkan ada upaya pencegahan agar tidak terjadi kecurangan pada saat pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

"Pemungutan dan perhitungan suara menjadi tahapan puncak dalam Pemilu ini, PTPS adalah ujung tombak dan harus all out dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan proses Pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut