get app
inews
Aa Read Next : Simak Tips Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut saat Lebaran

Jelang Ramadan, Ratusan Santri Mathla’ul Huda Bandung Dilatih tentang Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis, 22 Februari 2024 | 12:35 WIB
header img
Ratusan santri dan santriwati Ponpes Mathla'ul Huda Bandung mengikuti pelatihan dan edukasi kesehatan gigi yang digelara Pepsodent. (FOTO: ISTIMEWA)

Hanya 1,84 persen penduduk dengan usia lebih dari 3 tahun yang mengunjungi tenaga medis gigi 1-3 kali dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Hal ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

"Padahal gigi dan mulut memiliki beragam fungsi yang digunakan sehari-hari seperti mengunyah, berbicara, dan tersenyum. dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari,” ujar drg Mirah.

Drg Mirah berharap program Senyum Sehat Indonesia ini bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Program ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2024 hingga akhir tahun melalui peringatan World Oral Health Day (WOHD) dan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (BKGN) di berbagai kota di Indonesia.

Sementara itu, drg Arif Zahir, anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Bandung memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan Ramadan.  Berkurangnya aktivitas makan dan minum selama Ramadan biasanya menyebabkan bau mulut yang dalam istilah medis dinamakan halitosis, yakni bau mulut atau napas tidak sedap.

“Dari situ bisa disiasati dengan sikat gigi dua kali sehari, setelah sahur dan setelah berbuka puasa. Serta, pada saat berbuka perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan secara konsisten,” kata drg Arif Zahir yang didampingi drg Ayudia.

Drg Ayudia menganjurkan memeriksakan gigi sebelum Ramadan, terutama untuk membersihkan karang gigi. Jika terjadi penumpukan karang gigi, akan memperparah bau mulut. “Pembersihan karang gigi merupakan langkah preventif karena jika sudah terjadi lubang gigi maka hanya dibutuhkan tindakan kuratif (penyembuhan),” kata drg Ayudia.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut