get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

5 Rekomendasi Menu Sahur yang Sehat Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas saat Puasa

Kamis, 07 Maret 2024 | 15:34 WIB
header img
Rekomendasi Menu Sahur yang Sehat Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas saat Puasa. (Foto:istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Bulan Ramadan adalah prioritas penting bagi seluruh umat muslim. Agar kuat menjalani puasa selama sebulan, yang perlu memperhatikan kandungan nutrisi pada menu sahur dan memastikan pola makan  seimbang.

Sahur memegang peranan penting sebagai sumber nutrisi agar puasa optimal sekitar 14 jam. Oleh karena itu, asupan makanan saat sahur harus mencukupi untuk menjaga kesehatan tubuh hingga waktu berbuka.

Tubuh memerlukan asupan energi yang cukup agar tidak mudah lemas saat berpuasa di bulan Ramadhan. Maka dari itu, memperhatikan kebiasaan makan dan minum  saat sahur agar tubuh tetap segar dan sehat selama berpuasa adalah hal penting. Dan berikut ini adalah kiat khusus agar tubuh tetap segar, sehat, dan  tidak lemas sepanjang hari saat berpuasa.

1. Pilihlah Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks terdiri dari molekul yang lebih besar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, memberikan energi secara bertahap dan tahan lama. Karbohidrat tak melulu nasi putih, namun pilihlah sumber karbohidrat kompleks agar tubuh merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah cepat lapar. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, oatmeal, dan sereal berserat tinggi. Selain kaya akan karbohidrat kompleks, menu tersebut juga kaya akan serat yang akan dapat megatur pelepasan energi secara perlahan.

2. Hindari Makanan Pedas dan Bersantan

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut