get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Rute Penerbangan di BIJB Kertajati, Pemprov Jabar Berupaya Turunkan Biaya Avtur

Pemprov Jabar Gandeng Baznas Gelar Istighotsah Kubro, Upaya Ciptakan Kemaslahatan Masyarakat

Minggu, 10 Maret 2024 | 23:27 WIB
header img
Pemprov Jabar gandeng Baznas Jabar gelar Istighotsah Kubro. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Istighotsah Kubro Jawa Barat dihadiri sejumlah ulama di antaranya KH Abdullah Gymnastiar, Rafani Akhyar, Ajam Mustajam, Ii Abdul Basith serta dimeriahkan dengan kehadiran musisi Armand Maulana.

Kegiatan yang digelar oleh Pemprov Jabar dengan menggandeng Baznas Jabar digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (9/3/2024), sebagai wujud doa dan harapan bersama agar Jabar selalu hadir dalam lindungan Allah SWT.

Begitu dikatakan, Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Plh Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jabar, Dodo Suhendar.

"Semoga segala kebaikan yang kita ikhtiarkan pada hari ini bernilai amal pahala dan membuahkan kemaslahatan untuk seluruh masyarakat Jabar," kata Dodo, dalam keterangan tertulisnya.

Jabar yang dikenal sebagai daerah dengan keindahan alamnya, ternyata memiliki potensi bencana yang harus diwaspadai, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan bencana lainnya. Sehingga, masyarakat diminta untuk selalu siap dan waspada menghadapi potensi bencana tersebut.

"Upaya mitigasi, penanggulangan, dan pemulihan harus terus ditingkatkan. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan pun harus terus menjadi perhatian," kata Dodo, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

"Seiring dengan potensi bencana di Jabar, kondisi cuaca di puncak musim penghujan seperti saat ini dan isu perubahan iklim kian menjadi tantangan yang harus kita hadapi dengan bijak dan tanggap," tambahnya. 

Bey Machmudin dalam sambutannya juga mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah yang penuh dengan keberkahan. 

Ia mengimbau bahwa perbedaan mungkin terjadi dalam menentukan awal bulan Ramadan yang disebabkan oleh perbedaan metode hisab atau pengamatan bulan. 

Bey berpesan agar masyarakat selalu mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi antar sesama umat muslim sehingga hal ini menjadi peluang untuk memperkuat persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan. 

Sementara itu Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin bersama Wakil Ketua II Baznas Jabar, Ali Khosim, hadir langsung untuk mendoakan Jabar agar selalu dalam lindungan-Nya dan mengikhtiarkan warga Jawa Barat untuk mensucikan harta melalui zakat dan infak 

"Semoga ikhtiar kita saat ini, menjadi amalan yang akan membantu kita senantiasa dalam lindungan Allah swt. Salah satu amalan yang mampu menolak bala adalah sedekah, oleh karena itu penting bagi Baznas Jabar untuk selalu mensosialisasikan nikmat berzakat dan sedekah kepada masyarakat Jawa Barat" tutur Anang.

Sebagai wujud komitmem Baznas Jabar mengembangkan zakat sebagai instrumem keadilan sosial, dalam pengelolannya Baznas Jabar juga selalu mengedepankan pelayanan terbaik baik untuk muzaki maupun mustahik.

Salah satunya kehadiran Baznas Jabar disini juga menyediakan ambulance beserta tim medis agar kegiatan Istighotsah kondusif dan nyaman. Selain itu, dana infak yang terkumpul pada hari ini akan dikelola menjadi program pendistribusian dan pendayagunaan untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Barat serta menjadi solusi saat Jawa Barat dilanda bencana.

Di lokasi yang sama, Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei menuturkan bahwa salah satu tujuan dari istigasah kubra, yaitu persatuan dan kesatuan dalam rangka menghadapi bulan Ramadan. 

"Kita mengharap ikatan silaturahmi di antara kita menjelang Ramadan ini mendapat rida dari Allah SWT serta keberkahan yang pada waktunya mendapatan kekhususan dan ketenangan," kata Rachmat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut