get app
inews
Aa Read Next : Mulai Besok, Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum

Pentingnya Lembaga Penyiaran Hadirkan Siaran Ramah Perempuan dan Anak

Rabu, 13 Maret 2024 | 21:08 WIB
header img
Ketua KPID Jabar, Adiyana Slamet saat kegiatan Literasi Media dengan tajuk "Siaran Ramah Anak dan Perempuan", Rabu (13/3/2024). (Foto:Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Praktisi Komunikasi Jawa Barat, Neneng Athiatul Faiziyah mengatakan selain hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang dan menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh Lembaga Penyiaran, namun tayangan yang tidak ramah anak dan perempuan, dapat memberikan berbagai dampak buruk baik secara fisik maupun psikis. 

"Dampaknya jelas sangat buruk untuk anak maupun perempuan, mulai dari Lupa Waktu, Meningkatkan Daya Konsumtif, Membuat angan angan menjadi terlalu tinggi, mengganggu pengelihatan, hingga Meniru hal hal yang tidak pantas akibat tayangan yang tidak sehat, bahkan tidak sedikit juga kita temukan berbagai kasus yang dilakukan oleh anak anak kita akibat terinspirasi tayangan TV dan sayangnya hal yang di tiru itu bukan hal baik melainkan hal yang tidak manusiawi," terangnya.

Selaras dengan Neneng, Akademisi Universitas Islam Bandung, Tia Muthia Umar menilai, peran orang tua dalam mengawasi tayangan yang disaksikan oleh anak pun menjadi hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. 

"Meskipun memang sudah ada regulasi yang mengatur untuk berbagai tayangan dari Lembaga Penyiaran, peran orang tua pun tetaplah penting dalam mengawasi anak ketika menyaksikan TV ataupun mendengarkan Radio, guna meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari tayangan TV maupun Radio,"tandasnya.

Apresiasi besar pun diberikan, Penasihat Mesjid Besar Soreang, Budhi Muthahar Busro. Menurutnya, kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan, agar masyarakat memahami pengaruh dari media bahkan media sosial untuk anak anaknya, apalagi anak merupakan aset besar bangsa yang akan meneruskan estafet pembangunan bangsa. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut