Logo Network
Network

Mengenal Melly Puspita, Anak Penjual Bubur yang Lulus Cumlaude dari ITB 

Donald Karouw
.
Rabu, 20 Maret 2024 | 08:15 WIB
Mengenal Melly Puspita, Anak Penjual Bubur yang Lulus Cumlaude dari ITB 
Melly Puspita, mahasiswi Program Studi Teknik Metalurgi ITB lulus cumlaude, anak dari penjual bubur. Foto: Kemendikbud

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Seorang anak yang dulunya menjual bubur ayam, berhasil lulus dari ITB dengan predikat cumlaude. Kisah inspiratif ini berasal dari Melly Puspita, mahasiswi Program Studi Teknik Metalurgi ITB.

Melly memulai kuliahnya di ITB pada tahun 2020 dengan KIP Kuliah. Ia menyelesaikan studinya hanya dalam waktu 3,5 tahun.

Pada tanggal 7 Februari 2024, Melly, anak termuda dari dua bersaudara, menghadapi sidang skripsi dengan judul 'Optimisasi Sel Surya Perovskit Berbasis MAPbI3 dengan Menggunakan Timah Oksida Sebagai Lapisan Penghantar Elektron'.

Skripsinya memperoleh nilai A, dan ia lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan IPK 3,6, sehingga berhak mendapatkan predikat cumlaude.

Dosen pembimbingnya, Imam Santoso, membagikan momen penting itu melalui reels IG-nya. Di ruang sidang skripsi, Melly terlihat menangis ketika diumumkan bahwa ia lulus dengan nilai A dan mendapatkan predikat cumlaude.

"Melly hampir tidak bisa berbicara karena terlalu terharu menunggu momen penting dalam hidupnya," tulis Imam Santoso dalam keterangan videonya.

Melalui obrolan WhatsApp, Melly menyatakan rasa terharunya karena akhirnya ia dapat memenuhi janji kepada kedua orang tuanya, terutama ibunya yang sudah tiada, untuk mendapatkan gelar sarjana dari ITB.

"Saya sangat senang bisa menyelesaikan perjuangan kuliah dan tugas akhir dengan hasil yang memuaskan," ujar Melly yang berencana akan wisuda pada April 2024.

Melly juga bersyukur dapat menyelesaikan kuliahnya lebih cepat karena mendapat bantuan pendidikan dari pemerintah berupa KIP Kuliah.

"Cerita Melly menunjukkan bahwa keberadaan KIP Kuliah sangat berarti baginya," katanya.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.