get app
inews
Aa Read Next : Smartfren Community Meriahkan Ramadan dan Lebaran 2024 dengan Program Santri Ngonten

Ketahuilah 4 Potensi Dampak Kesehatan Karena Tidur Setelah Sahur

Selasa, 26 Maret 2024 | 22:14 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto:by dooder on Freepik)

2. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di dada yang dikenal sebagai heartburn atau nyeri dada. Tidur segera setelah sahur dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD. Ketika seseorang tidur, posisi tubuh mendatar menyebabkan lebih banyak peluang bagi asam lambung untuk naik ke atas.

Menghindari makanan pedas, berlemak, atau asam serta memberi waktu antara makan sahur dan tidur dapat membantu mengurangi risiko GERD.

3. Lemak tubuh menimbun

Tidur setelah sahur juga dapat berdampak pada penumpukan lemak tubuh. Ketika seseorang tidur, metabolisme tubuh melambat, sehingga makanan yang dikonsumsi tidak digunakan secara efisien sebagai sumber energi.

Sebagai gantinya, makanan tersebut lebih cenderung disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak. Dalam jangka panjang, kebiasaan tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan penumpukan lemak tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga waktu antara makan sahur dan tidur, serta memperhatikan asupan kalori dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut