get app
inews
Aa Read Next : Medical Channel Asia Menjadi Platform Media Kesehatan Terbesar di Asia

Simak Tips Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut saat Lebaran

Selasa, 09 April 2024 | 19:20 WIB
header img
Simak Tips Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut saat Lebaran. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, tradisi mudik lebaran ke kampung halaman menjadi ritual bagi masyarakat Indonesia. Namun, masyarakat jangan melupakan pentingnya perawatan gigi dan mulut sebagai bagian dari persiapan lebaran agar bisa tampil lebih sehat dan prima.

Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, drg. Gagah Daru Setiawan mengatakan, masyarakat Indonesia biasanya dihadapkan dengan hidangan makanan dan minuman yang bervariasi yang mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak pada saat merayakan lebaran.

Menurutnya, kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, maka dari itu penting untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mencegah penumpukan lemak dan plak pada gigi dengan cara menyikat gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi profesional.

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi," ucap drg. Gagah dalam keterangannya, Selasa (9/4/2024).

Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, serta menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika kita makan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut