get app
inews
Aa Read Next : Ernest Prakasa Konfirmasi Film Agak Laen 2, Siapkan Karakter dan Cerita Baru

5 Easter Egg di Film Siksa Kubur yang Bikin Penasaran, Nomor 4 Kaset Rekaman

Sabtu, 27 April 2024 | 13:14 WIB
header img
Film Siksa Kubur. (Foto: net)

1. Pohon di kuburan

Beberapa waktu yang lalu, Joko Anwar pernah mencuitkan “Perhatikan Pohonnya”. Pohon yang dimaksud oleh Joko Anwar itu merujuk kepada pohon yang ada di dekat kuburan tempat Pak Wahyu dikuburkan.

Nah, apa yang istimewa sama pohon tersebut? Kalau kamu sudah menonton Pengabdi Setan 2 dan melihat elemen-elemennya dengan teliti, kamu mungkin menyadari kalau pohon tersebut serupa dengan pohon yang ada di dekat rumah susun yang didiami oleh Maya usai tragedi di Pengabdi Setan pertama.

Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan: apakah film Siksa Kubur berlokasi di tempat yang sama dengan film Pengabdi Setan 2, hanya pada waktu yang berbeda? Apakah kisah Adil dan Sita terjadi bertahun-tahun setelah tragedi rumah susun itu? 

2. Kematian Nani yang tragis

Film Siksa Kubur bukanlah film pertama besutan Joko Anwar yang dibintangi oleh Christine Hakim. Sebelumnya, Christine Hakim sudah pernah membintangi film besutan Joko Anwar yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam sebagai Nyi Misni, dukun jahat yang sebetulnya menyebabkan kutukan di desa Harjosari.

Beberapa penonton beranggapan bahwa sebetulnya, sosok Nani (yang diperankan oleh Christine Hakim ini) merupakan sosok Nyi Misni yang sudah “bertaubat”. Setelah berbagai hal yang terjadi di Perempuan Tanah Jahanam, Nyi Misni mengubah nama dan menikah dengan Pandi. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut