get app
inews
Aa Read Next : Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Warga Diimbau Jauhi Radius 4 Km

Badan Geologi Pasang Alat Pemantauan Baru Amati Aktivitas Gunung Ruang

Sabtu, 04 Mei 2024 | 15:20 WIB
header img
Gunung Ruang. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan update terkini aktivitas Gunung Ruang di Sulawesi Utara pada Sabtu (4/5/2024) yang saat ini masih berada pada Level IV atau Awas.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid mengatakan, pada pukul 06.00 WITA terekam 9 kali gempa Vulkanik Dangkal, 2 kali Gempa Vulkanik Dalam, 1 kali Gempa Tektonik Lokal dan 1 kali gempa Tektonik Jauh.

Selain itu, asap kawah teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi pada kisaran 100 - 200 m dari puncak kawah. Menurut Wafid, jumlah kegempaan ini terlihat menurun jika dibandingkan pada 1-3 Mei 2024.

"Jumlah kegempaan terlihat menurun, hal ini dikarenakan stasiun Pos PGA Ruang (PRUA) terletak di jarak 5 km dari kawah aktif sehingga kepekaan alat tidak sebaik stasiun RUA3 (1,5 km dari kawah aktif) dan RAPS (2,7 km dari kawah aktif) yang terletak di Pulau Gunung Ruang," kata Wafid dalam keterangannya, Sabtu (4/5/2024).

Wafid mengatakan, asap masih teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 100 - 500 m di atas puncak, hal ini masih mengindikasikan aktivitas Gunung Ruang masih tinggi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut