get app
inews
Aa Read Next : KPU Jabar Bagikan Tips Memilih Calon Pemimpin saat Pilkada 2024

Jangan Coba-Coba! 5 Tips Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Rabu, 15 Mei 2024 | 21:45 WIB
header img
Ilustrasi menurunkan berat badan.(Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tidak sembarangan, menurunkan berat badan harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh. Maka, program diet direkomendasikan dibuat khusus untuk individu itu sendiri dengan tetap memperhatikan panduan gizi seimbang. 

Selain itu, juga program yang disusun aman dilakukan atau tidak sampai mengganggu fungsi tubuh serta tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal. 

Berikut ini tips menurunkan berat badan aman dan sehat dilansir dari laman resmi Kemenkes RI:

Hindari melewatkan sarapan

Sarapan merupakan hal penting guna memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan pun berkurang.

Saat sarapan, pillihlah makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, misalnya : telur, susu skim, kacang, buah, dan sayuran.

Hindari minuman manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan.

Maka dari itu, hindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

Konsumsi air putih sebelum makan

Agar penurunan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Serat larut ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

Hindari makanan olahan

Hindari konsumsi makanan olahan, seperti buah kering, makanan yang telah dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng, dan daging olahan.

Itulah tips menurunkan berat badan aman dan sehat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut