get app
inews
Aa Read Next : Pria Tergantung di Flyover Cimindi Bikin Warga Bandung Geger

Tonase Pengiriman Lion Parcel di Bandung Meningkat 50 Persen Lebih Selama Ramadhan

Rabu, 22 Mei 2024 | 20:24 WIB
header img
(tengah) Chief Operating Officer Lion Parcel, Mohammad Fadli. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Lion Parcel (PT Lion Express) perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia mencatat terjadinya peningkatan tonase pengiriman lebih dari 50% di Bandung pada periode Ramadhan 2024 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Adanya peningkatan ini seiring dengan tingginya belanja online untuk memenuhi kebutuhan puasa dan persiapan lebaran. Adapun komoditas dengan pengiriman terbanyak adalah produk fesyen yang membuktikan produk lokal Bandung khususnya fesyen banyak diminati masyarakat.

Chief Operating Officer Lion Parcel, Mohammad Fadli mengatakan, kinerja positif Lion Parcel tidak terlepas dari tren belanja online yang selalu meningkat signifikan di momen Ramadhan hingga menjelang Lebaran, termasuk di wilayah Bandung.

Menurutnya, perilaku masyarakat yang semakin terbentuk mengandalkan teknologi turut mendorong pertumbuhan industri logistik sebagai enabler transaksi online. 

“Setiap tahun Lion Parcel selalu mempersiapkan berbagai antisipasi dan persiapan menghadapi peak season di bulan Ramadhan terutama dari sisi operasional. Kami bersyukur antusiasme belanja online dari masyarakat di bulan Ramadan turut memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis Lion Parcel,” kata Fadli dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Dari sisi operasional, tepat sebelum memasuki bulan Ramadhan, Lion Parcel telah menempati mega hub sebagai infrastruktur baru yang dapat mendukung alur distribusi barang menjadi lebih cepat dan efisien.

Penambahan armada juga dilakukan di beberapa kota termasuk Bandung guna mengantisipasi lonjakan pengiriman agar tetap memberikan layanan pengiriman yang tepat waktu bagi pelanggan.

Dengan strategi dan persiapan yang dilakukan, Lion Parcel berhasil tetap memberikan layanan yang baik bagi pelanggan di momen peak season, terbukti dapat menjaga tingkat Service Level Agreement (SLA) di atas 96%.  

“Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kami menyusun strategi dengan melakukan analisis dan mempelajari tren pengiriman Ramadhan tahun-tahun sebelumnya agar persiapan operasional menjadi lebih matang seperti penambahan kapasitas gudang, armada, dan alokasi manpower secara efisien. Di Bandung sendiri, seiring dengan meningkatnya transaksi, kita ada penambahan manpower dan armada sehingga pemrosesan paket menjadi lebih cepat dan pengiriman kepada pelanggan tetap tepat waktu di momen peak season,” tuturnya.

Untuk mengoptimalkan proses operasional di momen peak season Ramadhan 2024, Lion Parcel juga melakukan evaluasi secara rutin untuk mengantisipasi adanya over load. Dengan persiapan yang matang terutama dari sisi operasional, Lion Parcel berhasil mencatatkan pertumbuhan positif di wilayah Bandung.

Ke depannya, Kota Bandung akan terus menjadi kota fokus Lion Parcel untuk dikembangkan seperti perluasan jaringan dan aksesibilitas layanan serta penguatan infrastruktur.   

Sementara itu, Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto menambahkan, selain dari kesiapan operasional, program dan inovasi yang dihadirkan Lion Parcel juga turut berkontribusi terhadap peningkatan kinerja positif perusahaan. Terbaru, Lion Parcel meluncurkan metode pembayaran COD Ongkir yang memungkinkan pelanggan membayar ongkos kirim saat menerima barang.

Hadirnya layanan COD Ongkir ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan para online seller yang berjualan di platform non-marketplace dan kesulitan untuk memikirkan urusan logistik, seperti perhitungan biaya ongkos kirim, proses pengiriman, hingga menerima pembayaran ongkos kirim. 

“Hadirnya COD Ongkir diharapkan dapat membantu para seller untuk fokus pada penjualan produk dan perkembangan bisnisnya, karena Lion Parcel yang akan membantu urusan logistik secara menyeluruh hingga paket diterima oleh pembeli. Sejak diluncurkan, layanan ini telah mendapat respon positif dari pelanggan dan penggunanya terus meningkat setiap bulan,” jelas Kenny. 

Tentunya, kebutuhan pengiriman barang di luar transaksi belanja online juga bisa menggunakan COD Ongkir dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengirim apabila biaya ongkos kirim sepenuhnya ditanggung oleh penerima sesuai kesepakatan.

COD Ongkir Lion Parcel juga dapat dibayar menggunakan QRIS untuk seluruh e-wallet dan bank. Berbeda dari yang lain, pembayaran COD Ongkir Lion Parcel menggunakan QRIS tanpa dikenakan biaya tambahan. 

“Strategi dan inovasi yang dilakukan Lion Parcel terutama di momen peak season baik dari sisi operasional maupun program untuk pelanggan, merupakan komitmen kami untuk menghadirkan layanan pengiriman yang lebih baik bagi pelanggan. Dengan infrastruktur yang mumpuni dan program yang relevan dengan target market, Lion Parcel optimis dapat menjadi partner logistik yang tepat bagi masyarakat,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut