get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Pemulangan Jemaah Haji, Lebih dari 50 Persen Penerbangan Garuda Terlambat

Hasil Audit Syariah Itjen Kemenag RI, Baznas Jabar Raih Predikat Efektif dan Transparan

Rabu, 19 Juni 2024 | 13:45 WIB
header img
Baznas Jabar Raih Predikat Efektif dan Transparan dalam Audit Syariah dari Itjen Kemenag RI. (Foto: Ist)

Anang mengatakan, bahwa hasil audit akan dijadikan pijakan untuk berinovasi dalam pengelolaan dana zakat di Jabar yang menjadi contoh baik bagi provinsi lain.

“Audit syariah ini juga diharapkan menjadi contoh bagi Baznas di provinsi lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pengelolaan zakat di Indonesia,” ungkapnya.

Anang menjelaskan, audit Syariah ini dilakukan dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi Kementerian Agama pada pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga pengelolaan zakat serta bentuk komitmen Baznas Jabar dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dijalankan sesuai prinsip syariah.

Selama lima hari ini, itjen Kemang RI melakukan penilaian dan konfirmasi evidence kepada Baznas Jabar. Penilaian ini berfokus pada kepatuhan syariah pada aspek tata kelola atau manajerial lembaga, pengumpulan zakat, dan pendistibusian atau pendayagunaan zakat.

"Alhamdulillah setelah melalui semua proses penilaian, hasil audit syariah Baznas Jabar meraih nilai indeks Kepatuhan Syariah dengan Predikat Efektif dan nilai Indeks Transparansi dengan predikat Transparan," kata tim auditor syariah Itjen Kementerian Agama RI saat closing meeting.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut