get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kuningan Luncurkan Logo dan dan Tagline Pariwisata Baru, Angkat Kearifan Lokal

Tangan Dingin Pj Bupati Iip Hidajat Bawa Banyak Perubahan untuk Kuningan

Rabu, 26 Juni 2024 | 19:46 WIB
header img
Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat. (Foto: Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, iNewsBandungRaya.id - Raden Iip Hidajat dinilai telah berhasil membawa perubahan signifkan bagi Kuningan. Penjabat Bupati Kuningan ini mampu memberikan respons cepat terhadap program strategis, khususnya dalam pengelolaan anggaran daerah dengan prioritas yang jelas.

Ketua ICMI Kuningan, Nanan Abdul Manan mengatakan, langkah Iip Hidajat terhadap perubahan positif di Kuningan patut diacungi jempol. Iip pun memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan berkelanjutan.

“Program inovasi seperti penataan Jalan Siliwangi dan Puspa, Festival Ciremai, mulok Ciremai, serta melibatkan unsur masyarakat untuk berkolaborasi telah memberikan dampak positif terhadap indeks pembangunan dan kebahagiaan warga,” ucap Nanan di Kuningan, Rabu (26/6/2024).

Selain itu, penanganan stunting dengan gerakan cepat Iip Hidajat juga perlu diapresiasi. Pendekatan kolaboratif melalui kerja sama pentahelix menunjukkan komitmen yang kuat untuk menurunkan angka stunting dalam waktu dekat.

“Pak Pj mendatangi sentra peternakan ayam petelur. Lalu mengunjungi sejumlah wilayah rawan stunting. Juga kolaborasi memanfaatkan potensi wilayah masing-masing, yang intinya memerangi peningkatan angka stunting. Ini luar biasa,” katanya.

Nanan mengatakan, semua program dan gerakan Iip Hidajat membuktikan dengan visi yang jelas dan kerja sama yang baik, mampu membawa Kabupaten Kuningan menuju masa depan lebih baik.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin. Menurutnya, kepemimpinan Iip Hidajat berhasil mengubah wajah Kota Kuda ini dengan perubahan signifikan yang sangat dirasakan masyarakat.

Kabupaten Kuningan hingga kini terus berbenah mulai dari respons cepat kebijakan terhadap masalah yang ada, pelayanan dan tata kelola pemerintah daerah hingga infrastruktur.

"Tangan dingin Iip membawa Kuningan berubah hanya dalam hitungan bulan saja, termasuk keberpihakan terhadap kebijakan bagi masyarakat desa," ucap Arief.

Arief menjelaskan, Iip Hidajat mempunyai empat prioritas utama pemerintah daerah, melalui metode 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

"Beliau telah melakukan berbagai upaya secara terus menerus seperti penyelesaian kantor pemda dan pembangunan gedung MUI, operasi pasar murah, launching program Masagi (Mitra Sinergi Jaga Inflasi), termasuk pembayaran TPP bagi para ASN tepat waktu,” imbuhnya.

Keberhasilan Iip Hidajat ini mendapat beberapa penghargaan yang berhasil diraih, di antaranya penghargaan TOP Pembina BUMD 2024 pada ajang TOP BUMD Awards.

Kemudian penghargaan dari Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian PPPA RI atas "Aksi Nyata Bela Negara Award” kategori kelompok lingkup masyarakat melalui pembantukan karakter bela negara.

"Saya kira beliau cukup banyak memberikan kontribusi konkrit bagi perubahan Kabupaten kuningan lebih baik," ujarnya.

Perubahan signifikan yang dilakukan Iip Hidajat mendapatkan respons positif dari warganet. Hal itu terlihat dari media sosial Instagram @radarkuningan_.

Pada konten aksi unjuk rasa yang dilakukan sebuah organisasi massa, justru masyarakat mendukung Iip Hidajat. Seperti disampaikan

"Tetap semangat Pak Pj, saya tidak kenal anda, asal-usulnya di mana. Tapi terima kasih sudah memberikan kesan positif bagi masyarakat Kuningan,” tulis akun @instaufik_33.

"Maju terus Pak Iip, jangan takut," tulis akun @makarlancar.

Justru warganet mempertanyakan unjuk rasa yang dilakukan organisasi tersebut.

"Kuningan sedang ditata dan dibangun Pak Pj, malah disuruh mundur, heran," tulis akun @opaymap.

Terpisah, Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat mengatakan, dirinya mengapresiasi seluruh dukungan dan kritik yang disampaikan unsur masyarakat.

Namun, Iip tidak akan terlena pada pujian ataupun marah pada kritikan. Iip akan fokus bekerja pada program pembangunan di Kuningan.

“Terima kasih atas dukungan dan kritikan, saya hanya ingin fokus bekerja, menjalankan amanah yang diberikan oleh negara,” tandasya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut