get app
inews
Aa Read Next : Alami Peningkatan, Kemenkominfo Harap Daerah Lain Biru Tiru Kota Bandung Dalam Penerapan Smart City

Pentingnya Pemahaman Literasi Digital Bagi Orang Tua

Minggu, 30 Juni 2024 | 19:39 WIB
header img
Kegiatan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.idOrang tua memiliki peran penting dalam mendidik anak di zaman arus teknologi digital yang begitu pesat saat ini. Jika salah mendidik bukan tidak mungkin dampak negatif penggunaan teknologi digital terutama pada anak akan terjadi. 

Maka dari itu, rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. Kemenkominfo bekerjasama dengan Disdik Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Nobar dengan fokus materi terkait Etika dan Cakap digital, Aman serta Etika digital. 

Kegiatan tersebut mengangkat judul “Perlindungan Anak di Dunia Online” di laksanakan di SD Sumber Jaya 05 Kabupaten Bekasi secara offline dan online yang diikuti oleh ribuan peserta, Sabtu (29/6/2024)

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. 

Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. 

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut