get app
inews
Aa Read Next : Tembok Gang Dibongkar, Warga Cipedes Hegar Bersyukur Akses Jalan Kembali Dibuka

Guyubnya Warga Karasak Bandung Berbuah Prestasi, Kang Arfi: Jadi Kekuatan Kota

Sabtu, 06 Juli 2024 | 20:30 WIB
header img
Bakal Calon Wali Kota Bandung 2024, Arfi Rafnialdi meyakini saat berkunjung ke RW 01 Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. (Foto: Ist)

Tak hanya di Bandung, aksi warga RW 01 pun tenar ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, RW 01 kerap dijadikan lokasi studi banding daerah lain.

"Penghargaan yang sudah diterima pemerintah ke RW 01 itu selain aspek lingkungan hidup juga dalam program Buruan Sae yang mana banyak yang belajar studi banding kepada kami. Terakhir bulan kemarin dari Kutai Timur mereka belajar cara menanam sayuran (urban farming) dan administrasi PKK," kata Dadang.

Dadang pun membuat beberapa program seperti kerja bakti tiap hari Sabtu dan mengatur jadwal Kelompok Wanita Tani untuk mengurus Buruan Sae.

"Buruan Sae mulai dari tahun 2020. Sementara urban farming dari 2015. Saya mengajak kepada warga kita mengedepankan kebersamaan, susah senang maju tidak maju tetap kebersamaan. Lalu kita bentuk Kelompok Wanita Tani untuk mengolah Buruan Sae ini dijadwal penyiramannya satu hari tiga orang. Hasil panennya dijual ke warga, hasil penjualan buat belit bibit baru," paparnya.

Upaya itu pun berbuah manis, RW 01 banyak mendapat pengharagan seperti dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dari Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut