get app
inews
Aa Read Next : Tak Pakai APBD, Dishub Jabar Sebut Anggaran Depo BRT Rp1,3 Triliun dari Pusat

Terminal Cicaheum Bandung Jadi Depo BRT pada 2025, Bus AKAP-AKDP Dialihkan ke Leuwipanjang

Rabu, 24 Juli 2024 | 14:53 WIB
header img
Terminal Cicaheum akan diubah menjadi depo BRT pada 2025. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Terminal Cicaheum, Jalan AH Nasution, Kota Bandung akan berubah fungsi menjadi depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya pada 2025. Nanti bus Antarkota Antar Provinsi (AKAP) dan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) baik ke wilayah barat maupun timur dialihkan ke Terminal Leuwipanjang Bandung.

Diketahui, selama ini Terminal Cicaheum melayani penumpang ke wilayah timur Jawa dan Jabar. Seperti, kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Priangan Timur (Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran dan Banjar). Sedangkan terminal Leuwipanjang melayani penumpang ke wilayah barat, seperti, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Merak Banten.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Barat Muhammad Fahmi mengatakan, pengalihfungsian Terminal Cicaheum itu seiring pelaksanaan program pengembangan angkutan massal atau BRT di Jawa Barat dan Sumatera Utara oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Di Jawa Barat, program itu dilaksanakan di Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Jatinangor Sumedang.

"Program angkutan massal perkotaan yang dibiayai World Bank ini salah satu di antaranya pengembangan koridor. Nanti ada 27 koridor angkutan massal perkotaan," kata Kepala BPTD Jabar, Rabu (24/7/2024).

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut