get app
inews
Aa Read Next : Kang Ace Uraikan Kronologi Pembagian Jatah 20.000 Tambahan Kuota Haji 2024

Dikpol Caleg Terpilih, Ikhtiar Golkar Jabar Perkokoh Kepercayaan Rakyat

Kamis, 01 Agustus 2024 | 18:17 WIB
header img
Kepala Biro Media dan Penggalangan Opini DPD Partai Golkar Jabar. (FOTO: ISTIMEWA)

Awasi Kinerja Eksekutif

Sebagai wakil rakyat, anggota DPRD  memiliki tugas mengawasi kinerja eksekutif. Mereka harus memastikan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah sesuai kepentingan masyarakat dan dapat dilaksanakan dengan baik. 

Pendidikan politik yang diberikan oleh Golkar Institute tentu mencakup teknik-teknik ini. Bagaimana pengawasan efektif dan melakukan advokasi konstruktif. Para peserta dikpol tidak saja mempelajari teori pengawasan dan keseimbangan (checks and balances) tapi juga diberikan pemahaman tentang tarik ulur kepentingan dalam setiap perdebatan politik di sektor anggaran. 

Selanjutnya terkait kemampuan dalam menyusun peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) juga menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh anggota DPRD dari Partai Golkar. Dikpol ini mengajak para kader Partai Golkar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyusun peraturan dan anggaran yang efektif dan berkeadilan. 

Mereka juga diajarkan tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses ini. Sehingga partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBD dapat dipastikan setiap anggaran mencerminkan kebutuhan dan prioritas rakyat. 

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) adalah keterampilan lain yang ditekankan dalam pendidikan politik di Partai Golkar. Tujuannya agar anggota DPRD mampu menyampaikan pendapat mereka dengan jelas dan meyakinkan, baik di dalam maupun di luar parlemen.

Penutup

Di bawah kepemimpinan Kang Ace, Partai Golkar Jabar menjadi pioner dalam transformasi partai politik dan peningkatan kualitas kader-kader partai. Langkah-langkah ini diambil untuk mengawal kemajuan Indonesia melalui kader-kader yang berkualitas dan memiliki komitmen tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab mereka sebagai wakil rakyat. 

Kemenangan Partai Golkar di Jawa Barat juga membawa harapan baru bagi rakyat Jawa Barat. Dengan kader-kader terlatih dan berkompeten, diharapkan mereka dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, mulai dari masalah ekonomi, sosial, hingga pembangunan infrastruktur.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut