get app
inews
Aa Read Next : Media Massa Diminta Sajikan Informasi Akurat dan Valid demi Pilkada Serentak 2024 Sukses

92 Persen Hoaks Beredar di Medsos, Ini Langkah Antisipasi Pemda Banggai Jelang Pilkada 2024

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 19:33 WIB
header img
Hoaks sangat berbahaya, dapat memicu konflik dan memecah belah masyarakat. (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAI, iNewsBandungRaya.id - Hoaks menjadi tantangan besar yang dihadapi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Berdasarkan data, 92 persen hoaks beredar luas melalui media sosial (medsos).

Data pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sebanyak 3.235 hoaks tersebar di masyarakat. Dari jumlah tersebut, 1.921 telah berhasil di-takedown.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah (Sulteng) Rastono mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai membuat kebijakan dan berperan aktif dalam menyikapi isu dan berita hoaks pada Pilkada 2024.

Salah satunya, kata Rastono, menggunakan Social Media Analytics Tools di Command Center DKISP Banggai guna memonitor isu-isu di medsos dan mendeteksi hoaks.

“Social Media Analytics Tools di command center DKSIP ini dapat dilihat pergerakan isu media sosial di Kabupaten Banggai dalam kurun waktu tertentu. Kami menonitor komentar-komentar netizen di medsos,” kata Sekretaris DKSIP Banggai saat Rakor Pengawasan Lembaga Penyiaran Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 yang digelar KPID Sulteng di Kabupaten Banggai, beberapa waktu lalu.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut