get app
inews
Aa Read Next : Seminar Ekspor bank bjb: Tingkatkan Kesiapan UMKM untuk Kompetisi di Pasar Internasional

Melek Teknologi, bank bjb Luncurkan Program Ekosistem Keuangan Inklusif Berbasis AI

Selasa, 06 Agustus 2024 | 19:05 WIB
header img
bank bjb Luncurkan Program Ekosistem Keuangan Inklusif Berbasis AI. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Di era digital saat ini, kehadiran ekosistem keuangan inklusif termasuk melalui pendekatan artificial intelligence (AI) semakin diperlukan untuk terus memperluas program inklusi keuangan.

Dengan perkembangan teknologi telah membuka peluang besar untuk mengatasi tantangan ini, terutama dengan adopsi teknologi AI dalam sektor keuangan.

Bahkan riset dari McKinsey & Company menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan efisiensi operasional hingga 30% dan mengurangi biaya hingga 20% di sektor perbankan.

Sebagai catatan, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024 menunjukkan indeks literasi keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,43 persen, sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen.

Hasil SNLIK tahun 2024 menunjukkan segmen penduduk yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih rendah dibandingkan tingkat nasional sehingga perlu semakin menggiatkan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut