get app
inews
Aa Read Next : WExcited Fest 2024 Sukses Digelar, Berikan Semangat Pada Perempuan Kota Bandung

Unik, Masyarakat Tionghoa Peduli Gelar Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI Multietnis di Bandung

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 11:33 WIB
header img
Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang dihadiri warga multietnis, ras, dan agama berlangsung di SMA Citra Cemara Bandung. (FOTO: AGUS WARSUDI)

Koordinator Kegiatan Sosial MTP Djoni Toat mengatakan, upacara HUT Kemerdekaan lintas etnis ini rutin digelar MPTP setiap tahun. Upacara digelar bergilir di sekolah-sekolah swasta yang dikelola masyarakat Tionghoa.

Upacara HUT Kemerdekaan tahun ini, kata Djoni, merupakan kegiatan ke-20. Selain upacara, MTP juga memberikan kadeudeuh bagi veteran sebanyak 1.000-1.200 paket sembako.

"Semoga Bangsa Indonesia semakin maju. Kami berharap ada kesetaraan. Walaupun diskriminasi sudah tidak ada, tapi kesetaraan masih harus diperjuangkan bagi semua etnis, termasuk etnis Tionghoa," kata Djoni Toat.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan MTP Herman mengatakan, pemberian kadeudeuh kepada veteran merupakan ungkapan terima kasih masyarakat atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

"Tanpa mereka, kita tidak akan tahu kapan merdeka. Berkat perjuangan dan jasa mereka kita bisa merdeka. Buat anak-anak, siswa-siswi, generasi muda, upacara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme," kata Herman.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut