get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan TP2GD, Bey Harap Lebih Banyak Tokoh Jabar Jadi Pahlawan Nasional

Cari Investor, Menhub Ingin Bangun ART hingga Sky Train di Bandung

Selasa, 03 September 2024 | 17:40 WIB
header img
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Humas Setkab/Deva)

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, dirinya saat ini tengah memaksimalkan transportasi publik di kereta api. Bahkan, dalam beberapa bulan ke depan nantinya akan ada elektrifikasi. 

"Kita pastikan akan ada peningkatan kualitas kereta api, insyaallah bulan November informasinya, akan ada elektrifikasi persinyalan bertahap ya mudah-mudahan akan jadi awal peningkatan kualitas dari commuter line di Bandung," kata Bey. 

Untuk diketahui, ART merupakan transportasi massal yang dibuat khusus untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini sudah terdapat satu rangkaian trem otonom.

Transportasi yang juga dikenal dengan Trem Otonom (TO) ini merupakan moda transportasi massal berbasis listrik. Kerena ini menggunakan roda karet yang bergerak pada rel virtual dalam batas tertentu.

Selain itu, turut menggabungkan karakteristik kereta (LRT) dan bis (BRT) dan bentuknya seperti kereta LRT tetapi tidak beroperasi di atas rel. 

Satu trainset kereta otonom terdiri atas tiga kereta dengan kapasitas hingga 300 orang. Sementara jika satu rangkaian kereta dengan lima gerbong disebut dapat menampung hingga 500 penumpang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut