get app
inews
Aa Read Next : KIA Gebrak Pasar Otomotif Tanah Air, Luncurkan The New Kia Sonet di GIIAS Bandung 2024

Bey Machmudin Buka GIIAS Bandung 2024, Pemprov Jabar Beri Diskon 10 Persen BBNKB dan PKB

Rabu, 25 September 2024 | 19:38 WIB
header img
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (tiga dari kanan) menggunting pita pembukaan GIIAS Bandung 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin menggunting pita pembukaan perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 di Sudirman Grand Ballroom, Kota Bandung, Rabu (25/9/2024). Untuk mendukung pemeran otomotif itu, Pemprov Jabar memberikan diskon 10 persen Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selain Bey, pembukaan GIIAS Bandung 2024 juga dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risyapudin Nursin, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsyah. 

GIIAS Bandung 2024 akan berlangsung selama lima hari, mulai Rabu 25 September hingga Minggu 29 September 2024. Pameran otomotif bergengsi itu menghadirkan keseruan, model, dan teknologi otomotif terbaru.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan, penyelenggaraan pameran otomotif di daerah-daerah strategis sangat penting sebagai bagian dari komitmen GAIKINDO untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. 

“GIIAS Bandung 2024 tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan inovasi dan model terbaru, tetapi juga sebagai dorongan bagi pertumbuhan industri otomotif di provinsi Jawa Barat,” kata Ketum GAIKINDO. 

Menurut Yohannes Nangoi, semangat pasar harus terus dijaga. Karena itu, keberhasilan pameran otomotif menjadi salah satu sinyal positif pertumbuhan industri. Dia menyampaikan apresiasi dari industri otomotif kepada pemerintah, baik Kemenperin, Kemenhub, dan Pemprov Jabar atas dukungan penuh kepada industri otomotif Indonesia.

Plt Direktur Jenderal ILMATE Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan, penyelenggaraan rangkaian seri pameran GIIAS sangat penting digelar untuk mendukung industri otomotif dalam negeri. 

“Penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024 ini merupakan bukti komitmen industri otomotif Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor alat transportasi dan kendaraan bermotor," kata Putu Juli. 

"Kementerian Perindustrian akan terus mendorong pengembangan teknologi otomotif yang ramah lingkungan, termasuk teknologi kendaraan listrik dan hybrid, yang menjadi bagian penting dari upaya mencapai target Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060,” ujarnya.

Dirjen Hubdar Kemenhub Risyapudin Nursin menekankan pentingnya mendukung peningkatan industri otomotif ramah lingkungan. 

“Sebagaimana kita ketahui bersama, sektor transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan konektivitas yang terintegrasi di seluruh penjuru negeri," kata Dirjen Hubdar. 

Karena itu, ujar Risyapudin, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat senantiasa mendukung setiap upaya peningkatan standar keselamatan, inovasi teknologi, serta efisiensi energi yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan memperbaiki kualitas udara. 

"Berbagai kebijakan telah kami tetapkan untuk mendorong pengembangan industri otomotif yang selamat, aman, berkelanjutan, dan mampu bersaing secara global," ujar Risyapudin.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan, apresiasi kepada GAIKINDO yang telah kembali menyelenggarakan GIIAS Bandung untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Jawa Barat. 

"Terima kasih kepada GAIKINDO yang kembali menyelenggarakan GIIAS di Bandung. Pameran ini menunjukkan kemajuan teknologi otomotif yang semakin ramah lingkungan dan efisien, serta menjadi kesempatan penting bagi anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa untuk memperluas wawasan teknologi khususnya dalam bidang otomotif," kata Bey. 

Pemprov Jabar, ujar Bey, mendukung penuh, termasuk memberikan diskon 10 persen untuk BBNKB dan PKB selama pameran ini. Semoga acara ini dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif di Jawa Barat.

Antusiasme Tinggi Peserta

Area kompak seluas lebih dar 8.000 meter persegi mendorong peserta tampil kreatif dan maksimal, total 19 merek kendaraan global berpartisipasi pada GIIAS Bandung 2024, akan memboyong model dan produk terbaru dan terbaik khusus untuk masyarakat Jawa Barat.

Termasuk 13 merek kendaraan penumpang yaitu BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion,hadir dengan memamerkan lini kendaraan serta produk otomotif terbaru dengan teknologi terkini yang dimiliki oleh berbagai merek besar di industri otomotif.

Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.  Serta dari kendaraan komersial Toyota Commercial akan turut hadir membawa kendaraan komersial unggulannya.  

Sementara, dari kendaraan roda dua, 5 merek turut hadir di GIIAS Bandung 2024 yaitu Alva, Benelli, Keeway, Royal Enfield, dan Scomadi, selain itu GIIAS Bandung 2024 juga didukung merek-merek dari berbagai lini industri pendukung otomotif.

Ketua Umum GAIKINO Yohannes Nangoi mengatakan, GAIKINDO akan terus mengembangkan GIIAS Bandung. “Dukungan maksimal dari  total 19 merek kendaraan bermotor di GIIAS Bandung tahun ini, menjadikan platform efektif untuk memperkenalkan model dan teknologi terbaru. Ke depan, GAIKINDO akan kembali menyusun strategi untuk mengakomodir kebutuhan para peserta dan memastikan GIIAS Bandung terus berkembang,” kata Nangoi.

Selain para peserta, GIIAS Bandung 2024 juga mendapat dukungan dari Superchallenge sebagai sponsor yangmemberikan berbagai aktivitas menarik sepanjang penyelenggaraan GIIAS Bandung kali ini.

GIIAS Bandung hadir 25-29 September 2024 pada pukul 11.00-21.00 WIB di weekdays (Rabu-Jumat) dan 10.00-21.00 WIB di weekends (Sabtu-Minggu) di Sudirman Grand Ballroom. Tiket masuk GIIAS Bandung dijual secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga sebesar 15.000 rupiah untuk tiket weekdays (Rabu-Jumat) dan 25.000 rupiah untuk tiket weekends.  

Selain itu untuk pembelian tiket secara onsite di konter tiket pada area pameran dengan harga tiket weekdays (Rabu-Jumat) sebesar 20.000 rupiah dan weekends (Sabtu-Minggu) sebesar 30.000 rupiah. Program spesial  akan hadir untuk para pengujung dalam rangka merayakan ulang tahun kota Bandung, yang jatuh pada hari pertama penyelenggaraan pameran GIIAS Bandung 2024, Rabu 25 September 2024, khusus dihari ini, para pengujung yang berulang tahun akan dapat menikmati GIIAS Bandung secara gratis.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut