get app
inews
Aa Read Next : Farhan Dapat Dukungan Pimpinan Pesantren Darul Maarif

Terinspirasi Hansip, Farhan ingin Wali Kota Hadir di setiap Hajat Hidup Orang Banyak

Kamis, 24 Oktober 2024 | 11:03 WIB
header img
Calon Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, INewsBandungraya.id  - Pertahanan sipil (Hansip) menjadi inspirasi bagi Muhammad Farhan dan Erwin dalam Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Bandung 2024. Jika terpilih, keduanya ingin selalu ada di tengah-tengah warga layaknya Hansip yang senantiasa hadir di setiap acara masyarakat.

Hal ini disampaikan Farhan saat silaturahmi dengan warga Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Selasa (22/10/2024). Calon wali kota nomor urut 3 itu menjelaskan, Hansip tidak pernah alpa dalam setiap aktivitas masyarakat.

Berbagai kegiatan warga mulai dari keagamaan, hiburan, hingga kondisi duka sekali pun Hansip selalu siaga untuk membantu kelancaran dan ketertiban. "Nikahan, khitanan, tujuh belasan, sampai ketika ada yang meninggal, Hansip selalu hadir untuk membantu warga. Makanya disebut pasukan UHA, unggal hajat aya (setiap acara hadir)," kelakarnya.

Hal inilah yang menjadi motivasi Farhan ketika terpilih menjadi Wakil Kota Bandung periode 2024-2029. Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu ingin selalu hadir di tengah-hajat hidup orang banyak.

"Kami juga ingin selalu hadir di setiap hajat hidup orang banyak. Karena hal itu sudah menjadi kewajiban pemerintah," katanya.

Terlebih, Farhan menyebut Hansip, organisasi yang sejak 2002 berganti nama menjadi Pelayanan Masyarakat (Linmas), tidak kenal lelah dalam menjalankan tugasnya. "Jadi, wali kota juga tidak boleh punya jam kerja, tidak punya libur, tidak punya cuti. Sama seperti Hansip. Ini filosofinya," kata Farhan.

Atas dasar itulah, Farhan pun memastikan ketika terpilih bersama Erwin, pihaknya akan memberlakukan patroli 24 jam di setiap wilayah Kota Bandung. Ini sebagai upayanya dalam menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Nantinya, lanjut Farhan, patroli 24 jam ini akan dilakukan hansip yang dibantu seorang gober (petugas kebersihan kelurahan). "Fungsinya untuk deteksi dini. Misal kalau lagi hujan, Hansip dan Gober akan patroli ke sungai atau ke titik-titik yang menjadi penyebab banjir," katanya seraya menyebut fungsi keamanan pun menjadi hal yang utama dari patroli tersebut.

Agar patroli ini maksimal, lanjut Farhan, pihaknya akan menggandeng pensiunan babinsa untuk melatih hansip. "Jadi nanti hansipnya akan dilatih oleh pensiunan babinsa," kata dia.

Hal ini pun, tambahnya, sebagai upaya dari pihaknya untuk memberdayakan kembali para pensiunan tersebut. "Jadi meskipun sudah pensiun, sumbangsihnya tetap kita perlukan," ujarnya.(*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut