get app
inews
Aa Read Next : ITB Sebut Indonesia Punya Peluang Sangat Besar sebagai Negara Penghasil Bahan Bakar Nabati

Pabrik Kelapa Sawit Swasta Rusak, PTPN IV PalmCo Lakukan Langkah Heroik Tampung TBS Masyarakat

Minggu, 27 Oktober 2024 | 21:34 WIB
header img
Kerusakan satu PKS swasta di Pandeglang berdampak terhadap antrean truk TBS petani yang mengular di PKS Kertajaya dan Cikasungka milik PTPN di Banten dan Jawa Barat. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Manajemen PTPN IV PalmCo melakukan langkah heroik untuk membantu penyerapan tandan buah segar (TBS) sawit masyarakat di Banten dan Jawa Barat sekitarnya. Langkah ini dilakukan setelah pabrik kelapa sawit swasta di Banten mengalami kerusakan.

Selain itu, rusaknya pabrik menyebabkan antrean panjang truk tandan buah segar sawit masyarakat di PKS Kertajaya milik PTPN di Pandeglang dan pabrik lain di Jawa Barat, yakni, PKS Cikasungka. 

“Sudah sekitar satu minggu pabrik swasta di sini rusak. Sedangkan di Banten dan Jawa Barat sekitarnya itu PKS cuma ada tiga. PKS Kertajaya dan Cikasungka milik PTPN, dan satunya lagi pabrik swasta,” kata Manajer Kebun PKS Kertajaya Ukhri Hatmoko, Minggu (27/10/2024).

Ukhri menyatakan, telah ada kesepakatan dengan petani yang difasilitasi Apkasindo setempat dalam hal penerimaan dan peningkatan pasokan tanda buah segar sawit.

“Sebelumnya kami sudah bersepakat untuk menaikkan volume penerimaan tandan buah segar sawit petani, baik plasma maupun swadaya. Baik yang selama ini memasok ke kami atau hanya ke pabrik swasta. Kami sudah tingkatkan dari 250 ton menjadi 300 ton per hari,” ujar Ukhri.

Ukhir menuturkan, walaupun sudah meningkatkan kapasitas penerimaan tandan buah segar sawit masyarakat, namun dengan kapasitas PKS Kertajaya  dan Cikasungka yang saat ini 1.500 Ton per hari, permasalahan belum selesai.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut