JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Sebanyak 111 UMKM mitra binaan BUMN PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Jasa Raharja, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia /ITDC, serta Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) menggelar Bazar Pesona Timur Indonesia di Gedung Sarinah Jakarta, tanggal 21-24 November 2024.
Dalam acara ini, UMKM binaan BUMN memamerkan multiproduk inovatif dari kawasan wisata unggulan Nusa Tenggara Timur (NTT). Seperti Ende, Bajawa, Sabu Raijua, dan Labuan Bajo.
Ragam produk yang dihadirikan dari makanan, minuman, fesyen, craft (kriya), hingga layanan tour & travel destinasi Labuan Bajo, NTT.
Semua peserta telah on-board di platform https://padiumkm.id/, sehingga memberikan kemudahan kepada para pengunjung untuk melakukan transaksi secara non-tunai.
Corporate Secretary PT PLN (Persero) Alois Wisnu Hardana mengatakan, gelaran Pesona Timur Indonesia di Jakarta merupakan kelanjutan dari edisi sebelumnya yang sukses digelar di Marina Plaza Merourah Labuan Bajo pada 8-10 November 2024 lalu sebagai unjuk karya anak bangsa di sektor kerajinan, fesyen, dan makanan-minuman khas kawasan destinasi wisata unggulan Indonesia Timur.
"Bazar UMKM Pesona Indonesia Timur dikemas sebagai kegiatan inovatif dan kreatif yang berfokus pada pengembangan produk UMKM destinasi wisata. Bazar ini menghadirkan karya terkini para pelaku UMKM dengan khalayak sasaran utama para wisatawan domestik dan mancanegara untuk dapat memanfaatkan dan merasakan kebanggaan dengan ragam produk khas Indonesia timur," kata Alois Wisnu Hardana.
Alois menyatakan, sebagai ajang unjuk kreativitas masyarakat destinasi wisata dalam mengolah sumber daya lokal menjadi produk bernilai jual. Bazar UMKM Pesona Timur Indonesia yang berlangsung 4 hari di Gedung Sarinah Jakarta menampilkan ragam kegiatan pendukung pameran.
Seperti, Demo Produk oleh UMKM Binaan BUMN, Workshop tentang “Rug Tufting”, penampilan musik Sasando, Band Melodius dan Adellia Michelle, peragaan busana oleh Komunitas Etnik Nusantara dan penampilan bintang tamu Yura Yunita.
"Secara khusus Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) mengadakan rangkaian kegiatan atraktif inovatif dengan Workshop “Latte Art”, Talkshow & Coaching "Coffee Culture Around the World" dan Manual Brew Competition," ujarnya.
Menurut Alois, rangkaian kegiatan berfokus edukasi mengenai industri kopi dari komoditi biji kopi dan olahan lokal yang disesuaikan dengan perkembangan pasar hingga menjadikan kopi tidak hanya kebutuhan beverages, melainkan juga gaya hidup yang juga menampilkan mentor Ryan Wibawa dari World Brewers Cup 3rd 2024.
"Untuk meramaikan gelaran bazar sekaligus menarik antusiasme masyarakat luas berkunjung, Bazar UMKM Pesona Timur Indonesia juga mengadakan kompetisi manual brew yang sekaligus menggunakan produk biji kopi dari UMKM lokal," tutur Alois.
Alois mengatakan, Selain menjadi ajang kompetisi juga memperkenalkan cerita kopi Indonesia mulai dari teknis penyeduhan hingga wawasan mengenai jenis biji kopi nusantara.
“Kami berharap masyarakat Indonesia semakin bangga menggunakan produk lokal untuk mendukung daya saing UMKM Indonesia dan dapat menumbuhkan antusiasme masyarakat terhadap produk UMKM," ucapnya.
Sehingga, ujar Alois, sinergi antara Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN sangat penting untuk mendukung pembinaan serta pengembangan UMKM. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut untuk membawa UMKM Indonesia Go Digital dan Go Global.
"Kegiatan Pesona Timur Indonesia ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan merupakan bagian penting dari implementasi program strategis mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor UMKM dan pariwisata di kawasan timur Indonesia yang berjalan selaras dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI)," ujar Alois.
Editor : Ude D Gunadi