get app
inews
Aa Text
Read Next : Kuota Impor Daging 2024, Ini Catatan Kritis DPR Komisi IV

Logo Jatayu Indonesia Diluncurkan, Upaya Perkuat Branding Teh Nasional

Kamis, 17 Juli 2025 | 10:59 WIB
header img
Logo Jatayu Indonesia resmi diluncurkan, di Kota Bandung, Rabu (16/7/2025) malam. (Foto:Bas)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Logo Jatayu Indonesia resmi diluncurkan, di Kota Bandung, Rabu (16/7/2025) malam. 

Peluncuran Logo Jatayu Indonesia yang di inisiasi Tea Marketing Association (ITMA) ini merupakan simbol yang merepresentasikan komitmen bersama untuk memajukan produk teh dalam negeri. 

Kementerian Perdagangan RI mendukung penuh adanya Logo Jatayu Indonesia sebagai upaya untuk penguatan branding teh Indonesia di pasar domestik maupun internasional.

Menurut Direktur Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI, Fajarin Puntodewi selain membantu memperkuat branding teh Indonesia. Juga diharapkan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Indonesia ditargetkan menjadi negara maju di tahun 2045. Sehingga pemerintahan mencanangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8% di akhir periode tahun 2029,” katanya.

Terkait dengan hal itu, Kementerian Perdagangan memiliki target bagaimana mendorong peningkatan tersebut, salah satunya yakni penguatan ekspor teh Indonesia.

“Produksi kita untuk teh itu nomor 8 atau 7 lah di seluruh dunia.  Tapi kalau kita bicara ekspornya, kita itu tidak di 10 besar. kita itu berada di peringkat ke-13,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, beberapa negara yang tidak banyak memiliki lahan teh, tingkat ekspornya lebih tinggi ketimbang Indonesian.  Contohnya adalah Polandia, Jepang, Jerman, Inggris berapa atas Indonesia.

“Berarti kan memang ini satu PR untuk kita semuanya. Bagaimana valuasi teh kita ini bisa meningkat gitu kan. Nah ini kan saya harapkan, ini kan Indonesian Tea Marketing Association,” 

“Tapi tentu ini bukan hanya PR dari asosiasi pemasaran saja tentu kita harus bersama-sama memikirkan itu,” tandas Fajarin Puntodewi.

Sementara itu, Board Indonesian Tea Marketing Association (ITMA) Delima Hasri Azahari mengatakan teh Indonesia sudah dikenal lama, dari sebelum zaman kolonial itu sudah dikenal oleh masyarakat dunia.

Menurutnya, saat ini teh Indonesia sudah mulai naik, karena ada permintaan-permintaan baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Akan tetapi produksi teh dan areal teh Indonesia juga turun.

“Jadi inilah maksud dari kita memunculkan logo Jatayu Indonesia, supaya branding teh Indonesia menjadi identitas dan supaya teh Indonesia lebih dikenal di dunia,” ucap Delima. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut