Soal Kasus ACT, Persis Dukung Pernyataan Forum Zakat

Rizal Fadillah
Persatuan Islam (Persis). (Foto: Net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Pusat Zakat Umat (PZU) ikut berkomentar terkait kasus yang menjerat lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diduga menyelewengkan dana titipan milik umat.

Sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi milik Persatuan Islam (Persis), PZU mendukung pernyataan Forum Zakat yang menyebut lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) bukan bagian dari organisasi dan ekosistem pengelola zakat.

"PZU mendukung rilis dari Forum Zakat sebagai bentuk ketaatan terhadap regulasi dan memperkuat amanah," kata Direktur Eksekutif PZU, Angga Nugraha dilansir dari Persis.co.id, Kamis (7/7/2022).

Di sisi lain, Angga pun mengakui, jika pihaknya merasa prihatin atas pemberitaan yang tersebar di banyak media massa.

Karena itu, PZU akan terus berbenah untuk terus komitmen dan konsisten dalam menjalankan amanah sesuai dengan syariah dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai bentuk profesionalisme kinerjanya, PZU kembali mendapatkan kepercayaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dengan keluarnya perpanjangan surat keputusan izin operasional untuk mengelola dana umat.

Izin operasional diberikan oleh Kemenag RI setelah melalui berbagai tahapan verifikasi administrasi dan lapangan oleh BAZNAS dan Kemenag RI. Bahkan, untuk registrasi kali ini, dewan pengawas Syariah dari stiap LAZ harus memiliki rekomendasi dari MUI.

Selain itu, audit keuangan tahunan juga dilakukan secara rutin oleh akuntan publik dengan predikat yang selalu “Wajar Tanpa Pengecualian” dan audit syariah oleh Irjen Kemenag RI dengan hasil “Baik Sesuai Syariah”.

Seluruh rangkaian proses transparansi tersebut menjadi acuan bagi umat, baik itu jamaah Persis, otonom Persib, dan donatur PZU pada umumnya untuk tidak khawatir atas dinamika yang sedang dialami di dunia filantropi Indonesia atas pemberitaan yang menimpa Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Tetap tunaikan dan tingkatkan kebaikan ZIS jamaah melalui PZU, guna meluasnya kebermanfaatan yang bisa diterima umat dan meningkatnya kesejahteraan umat," tandasnya.***

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network