Pihaknya juga akan terus mendorong penguatan branding Indonesian Seafood di kancah dunia guna menarik minat buyer dan investor dengan branding Indonesia Seafood: Naturally Diverse, Safe and Sustainable.
"Dengan mengangkat jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan serta kebijakan pada keberlanjutan sumber daya ikan dan usaha, dan dukungan pengembangan akses pasar dan penanganan hambatan ekspor diharapkan dapat memacu ekspor produk perikanan Indonesia ke mancanegara," kata Erwin.
Dikatakan Erwin, pihaknya juga terus berupaya memperluas jangkauan pasar produk perikanan Indonesia di kancah global. Salah satu program terobosannya adalah pengembangan perikanan budi daya berbasis komoditas ekspor dengan udang sebagai salah satu komoditas unggulan selain lobster, kepiting/rajungan, dan rumput laut.
"Udang merupakan salah satu komoditas perikanan andalan Indonesia yang sangat potensial untuk diekspor. Sebagai salah satu komoditas unggulan nasional, udang selalu menjadi pilihan untuk bisa dilibatkan dalam upaya peningkatan pendapatan negara," tuturnya.
Sementara itu, Ketua Asosiasi Produsen Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan (AP5I), Budhi Wibowo menyampaikan, bahwa selain terus mengembangkan pasar ekspor, anggota AP5I akan semakin serius mengembangkan pasar dalam negeri produk olahan perikanan.
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait