4 Gunung Pesugihan di Indonesia, Nomor 3 Ada di Jabar

Aqeela Zea
Gunung Lawu, salah satu lokasi yang kerap dijadikan tempat pesugihan. Foto: MPI

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Cerita tentang pesugihan di Indonesia memang tak ada habisnya. Terlebih ada saja orang yang mengunjunginya lantaran ingin mendapatkan kekayaan secara singkat.

Tak sedikit dari masyarakat yang memandang kesuksesan sesorang berdasarkan hartanya. Tak ayal banyak orang melakukan berbagai upaya agar bisa menjadi kaya raya, salah satunya lewat pesugihan.

Pesugihan adalah cara mendapatkan kekayaan secara instan melalui sebuah ritual. Biasanya ritual pesugihan menggunakan sesajen maupun tumbal melalui bantuan dukun serta makhluk halus untuk meminta agar bisa kaya raya.

Biasanya mereka yang melakukan pesugihan bakal pergi ke suatu tempat dan memuja kepada suatu benda guna mendapatkan yang diinginkan.

Kebanyakan praktik pesugihan dilakukan di gunung-gunung tertentu. Di Indonesia, ada sejumlah gunung sakral yang kerap dijadikan sebagai tempat pesugihan.

Berikut 4 gunung pesugihan di Indonesia dan salah satunya ada di Jawa Barat (Jabar):

1. Gunung Kawi

Pertama ada Gunung Kawi yang cukup populer sebagai lokasi pesugihan. Berlokasi di Malang, gunung tersebut dipercaya bisa membuat seseorang menjadi kaya raya usai melakukan ritual.

Menariknya, kepopuleran Gunung Kawi sebagai tempat pesugihan tidak hanya dikenal di Indonesia namun juga Asia Tenggara.

Biasanya ritual yang dilakukan di Gunung Kawi di antaranya membakar dupa, bersemedi sampai memberikan sesajen. Ritual itu juga dilakukan pada Jumat legi yang diperingati sebagai hari pemakaman Mbah Djoego dan setiap tanggal 12 bulan Suro untuk memperingati wafatnya Mbah Djoego.

Nantinya orang-orang yang melakukan ritual itu bakal mendapat jimat berupa daun yang dipercaya bisa mendatangkan kekayaan.

2. Gunung Lawu

Selanjutnya yang tak kalah populer adalah Gunung Lawu. Gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jabar itu memiliki tiga puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Domila, dan Hargo Domili.

Ketiga puncak tersebut dianggap sebagai lokasi yang sangat sakral di Tanah Jawa. Sejarahnya, pada zaman dahulu kala, konon ketiga puncak itu dijadikan sebagai lokasi untuk bertapa.

Misalnya saja Puncak Hargo Dalem dianggap oleh warga setempat sebagai petilasan dari Prabu Brawijaya, Puncak Hargo Domili dianggap pernah menjadi petilasan dari Ki Sabdo Palon serta Puncak Hargo Domila menjadi tempat yang digunakan bermeditasi oleh para penguasa-penguasa Tanah Jawa zaman dahulu.

3. Gunung Padang

Lalu, Gunung Padang yang berlokasi di Jabar dan mempunyai ketinggian 885 mdpl. Gunung tersebut adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum yang dijadikan destinasi wisata favorit masyarakat.

Di balik kepopulerannya sebagai tempat wisata, Gunung Padang juga dijadikan sebagai tempat peribadatan oleh orang-orang dengan kepercayaan prasejarah yang menyembah gunung Gede. Kemudian, gunung ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pesugihan.

4. Gunung Kemukus

Terakhir ada Gunung Kemukus yang dipercaya sebagai lokasi pesugihan di Indonesia. Konon, guna mendatangkan kekayaan, para pelaku pesugihan harus berhubungan intim dengan lawan jenis yang bukan suami maupun istri sendiri selama 7 hari.

Ritual itu berasal dari kisah hubungan gelap antara Pangeran Samudro dari Kerajaan Majapahit yang membawa kabur selir ayahnya, Nyai Ontrowulan. Sampai saat ini, kepercayaan tersebut masih dianut masyarakat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network