Terungkap, Pendiri Paguyuban Pasundan Namanya Jadi Jalan Familer di Kota Bandung

Aqeela Zea
Ketua Umum Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Salah satu pendiri Paguyuban Pasundan siapa sangka sosoknya familer menjadi nama jalan di Kota Bandung. Dialah Dr. Djunjunan, salah satu pendiri perkumpulan terbesar dan tertua se-Indonesia.

Paguyuban Pasundan berdiri atas inisiatif para mahasiswa yang berasal dari Kota Bandung. Di masa penjajahan, para mahasiswa kedokteran tergerak untuk membentuk sebuah organisasi guna menghimpun kebersamaan dalam rangka mewujudkan sebenarnya untuk kemerdekaan.

"Dari awal sudah berpikir seperti itu, makanya para mahasiswa kedokteran berkumpul dan bersepakat pada tanggal 20 Juli 1913 mendirikan organisasi yang namanya Paguyuban Pasundan. Salah satu pendirinya adalah Dr. Djunjunan,” kata Ketua Umum Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi seperti dikutip pada Rabu (19/7/2023).

Didi menjelaskan, Paguyuban Pasundan mempunyai karakter perjuangan guna mewujudkan Indonesia yang memiliki harkat dan martabat. Lebih khusus bagi masyarakat yang berasal dari tatar Sunda.

Sejak dulu, lanjut Didi, organisasi ini mempunyai dua misi yaitu memerangi kebodohan dan kemiskinan, juga menjaga, memelihara, mengembangkan budaya Sunda serta nilai-nilai agama.

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network