Cegah Bencana dan Kerusakan Alam, Pangdam III/Siliwangi Tanam 400 Bibit Bambu di Ciater

Adi Haryanto
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta jajarannya berhasil menanam sebanyak 400 bibit bambu di hutan bambu Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (15/08/2023). Foto/Istimewa

SUBANG,Inews Bandungraya.Id - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta jajarannya melakukan kegiatan penanaman bibit bambu di hutan bambu Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (15/08/2023).

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan manajemen PT Sari Ater, sebagai komitmen untuk menjaga kelestarian alam sekitar.

"Kegiatan ini menjadi momen penting dalam upaya menjaga ekosistem dan mencegah bencana longsor di kawasan sekitarnya," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dia mengungkapkan kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem, khususnya di kawasan Ciater. Serta mencegah potensi bencana alam seperti tanah longsor dan sebagainya, yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan ataupun korban jiwa dan materi.

Disinggung bibit bambu yang ditanam, Pangdam menyebutkan jenisnya bervariasi. Seperti Bambu ater, Bitung, Bambu kuning, dan yang lainnya. Pada kegiatan tahap awal ini berhasil ditanam sebanyak 400 bibit pohon bambu.

“Tanaman bambu dipilih karena selain dapat menyimpan dan menyerap air dengan baik, bambu juga memiliki nilai ekonomi dan edukasi bagi masyarakat," tuturnya.

Kunto Arief menekankan pentingnya pemeliharaan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Mulai dari masyarakat, kodim, hingga perusahaan, untuk menjaga keberhasilan penanaman dan kelestarian ekosistem bambu.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan, menjaga ekosistem, dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam,” sambungnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, seperti Camat Ciater, Kapolsek Jalancagak, Sekda Subang, Kodim, serta kepala desa setempat. Selain penanaman bibit bambu, dalam acara tersebut diselenggarakan berbagai kegiatan sosial, seperti pembagian sembako kepada warga serta berbagai perlombaan. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network