Bukan Penutupan, Ini Solusi Ganjar soal TikTok Shop yang Matikan Pasar Tradisional

Rizal Fadillah
Ganjar Pranowo. (Foto/Dok SINDOnews)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Ganjar Pranowo ikut berkomentar terkait maraknya perdagangan online di media sosial yang kini mengancam para pedagang di pasar tradisional.

Menurut bakal calon presiden (Capres) 2024 itu, pemerintah tidak bisa serta merta menutup tiktok live shop atau melarang artis berjualan. Namun, negara bisa mengatur agar aktivitas seseorang tidak menganggu pihak lain.

"Kalau artis jualan sembako itu oke apa tidak? Ya okelah. Itu hak dia berjualan masa kita larang. Negeri ini tidak bisa melarang, yang bisa dilakukan adalah mengatur," ucap Ganjar dalam Podcast Merry Riana yang tayang Jumat (22/9/2023).

Ganjar memaparkan, ada tiga hal yang harus dilakukan pemerintah. Pertama, pendekatan filosofis yakni melindungi pedagang kecil. Kedua, pendekatan sosiologis yakni mencermati akar permasalahan dan mencari solusi untuk membereskannya. 

"Ini disrupsi sedang terjadi, dan ini soal sosiologis. Maka segera upskilling cepet, pemerintah harus turun tangan mengundang mereka, ayo duduk bareng," terangnya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network