Mengenal Stela, Anjing Pintar Pemburu Narkoba Milik Polda Jabar 

Rizal Fadillah
Bripda Ardiansyah Aswin Maulana dan Stela. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Stela merupakan seorang anjing pintar yang kini resmi menjadi anggota baru Polsatwa K-9 Ditsamapta Polda Jabar.

Stela sendiri merupakan anjing jenis Belgian Malinois yang dikhususkan untuk bekerja memburu atau mendeteksi berbagai macam jenis narkotika. 

Bripda Ardiansyah Aswin Maulana sebagai pawang Stela mengatakan, anjing itu memang dikhususkan untuk membantu pihak kepolisian dalam mencari barang bukti narkotika yang disembunyikan para pelaku. 

"Jadi ini (Stela) untuk mendeteksi narkotika kaya ganja, kokain, sabu, ini memang khusus anjing yang dilatih untuk mencari narkotika," ucap Ardiansyah di Gedung Sate, Sabtu (7/10/2023). 

Ardiansyah menjelaskan, saat ini Stela baru berumur 3,5 bulan. Meski masih muda, Stela kini sudah dilatih sebagai anjing khusus pendeteksi narkotik.

Dalam memberikan pelatihan, kata Ardiansyah, juga tidak jauh berbeda dengan anjing pada umumnya. 

"Sama kayak anjing rumahan biasa merawatnya, bedanya kita di pelatihan sama kasih makan dan vitamin. Kalau anjing pekerja gini kan staminanya dibutuhkan, terus kayak kita mau melatih ada caranya," jelasnya.

Kendati demikian, Stela belum terjun langsung dalam operasi kepolisian mengungkap kasus narkoba. Sebab menurut Ardiansyah, Stela masih dalam tahap pembentukan sebelum nanti benar-benar siap menjalankan tugas.

"Ini belum (operasi), kita di Polda Jabar ada anjing narkotik lain, karena perlu regenerasi makanya kita cetak Stela ini," ungkapnya.

Sebagai pawang anjing pelacak, Ardiansyah mengungkapkan ada beberapa trik tersendiri agar sang anjing bisa mengikuti perintah saat bekerja. Salah satunya harus mengetahui kondisi mood.

"Kita melatih anjing biasanya dari umur 2,5 bulan, kaya kita ngajarin baca anak TK, harus sabar, harus tahu mood dia, harus tahu kapan untuk main kapan untuk kerja. Gak semua jenis anjing bisa dikerjakan di kepolisian, kayak ini bisa," tuturnya.

Polsatwa K-9 Ditsamapta Polda Jabar sendiri kini memiliki 20 anjing pelacak. Adapun semua anjing itu telah mendapat suntik rabies.

"Resiko pawang pasti digigit, semua pawang pasti pernah digigit, makanya untuk meminimalisir gigitan itu gimana caranya kita deket sama anjing itu. Semua anjing di polda sudah (divaksin anti rabies)," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network