Ini Dia 7 Kesamaan Dunia Politik di Anime Naruto dengan Indonesia

Rizal Fadillah
Kesamaan Dunia Politik Anime Naruto dengan Indonesia. (Foto: @susilodwicondro)

4. Pemimpin keempat yang punya masa jabatan sebentar

Minato Namikaze menjabat sebagai Hokage Keempat dari Konohagakure. Minato pun dikenal sebagai ninja yang jenius dan bahkan ditakuti oleh sejumlah desa ninja lain karena kehebatannya. Sayangnya, masa jabatan Minato sebagai Hokage tidak berlangsung lama, karena ia mengorbankan nyawanya demi keselamatan Konohagakure yang sedang dalam ancaman saat itu.

Sama seperti Minato, masa jabatan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang menjabat sebagai presiden keempat Republik Indonesia juga terbilang sangat pendek. Gus Dur hanya menjabat selama kurang dari dua tahun sebagai pemimpin Indonesia. Hal ini karena Gus Dur mundur dari jabatannya akibat kondisi politik Indonesia yang sedang bergejolak saat itu.

Well, sebenarnya masa jabatan BJ Habibie sebagai presiden jauh lebih pendek ketimbang Gus Dur. Namun, Habibie hanya menjadi presiden untuk sementara karena menggantikan Soeharto yang saat itu lengser sebagai presiden karena merupakan wakilnya. Sementara itu, Gus Dur terpilih menjadi sebagai presiden secara resmi lewat pemilu yang digelar pada 1999.

5. Pemimpin kelima yang sama-sama perempuan dan punya hubungan darah dengan pemimpin pertama

Tsunade Senju dan Megawati Soekarnoputri sama-sama berhasil mencetak sejarah sebagai pemimpin perempuan pertama dari Konohagakure dan juga Indonesia. Tak hanya itu, keduanya juga sama-sama merupakan pemimpin kelima dari wilayahnya masing-masing.

Menariknya lagi, keduanya punya hubungan darah dengan pemimpin pertama dari wilayah masing-masing. Hal ini karena Tsunade merupakan cucu dari Hashirama, sementara itu Megawati adalah anak dari Soekarno.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network