Ini Dia 7 Kesamaan Dunia Politik di Anime Naruto dengan Indonesia

Rizal Fadillah
Kesamaan Dunia Politik Anime Naruto dengan Indonesia. (Foto: @susilodwicondro)

6. Pemimpin keenam yang merupakan mantan anggota pasukan khusus

Kakashi Hatake menggantikan posisi Tsunade sebagai Hokage setelah Perang Dunia Ninja Keempat dan otomatis menjadikannya pemimpin keenam sepanjang sejarah Konohagakure. Selain menjadi guru bagi Naruto dan anggota tim 7 lainnya, Kakashi juga sempat menjadi anggota dari Anbu, sebuah pasukan militer khusus yang menjaga keamanan Konohagakure.

Sama seperti Kakashi, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY juga pernah menjadi anggota militer Indonesia sebelum akhirnya menjabat sebagai presiden keenam Indonesia. Bahkan, pangkat terakhir SBY sebelum jadi presiden adalah Jenderal TNI.

7. Pemimpin ketujuh yang punya hubungan unik dengan rivalnya sekaligus anaknya

Setelah melewati petualangan yang panjang, Naruto Uzumaki akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya dengan menjadi Hokage Ketujuh Konohagakure. Seperti yang kita ketahui, Naruto memiliki rival abadi, yaitu Sasuke Uchiha. Meski kerap bertarung di anime-nya, Sasuke pada akhirnya membantu Naruto ketika ia menjabat sebagai Hokage.

Tak hanya itu, Sasuke juga menjadi sosok guru bagi anaknya Naruto, yaitu Boruto Uzumaki, dan bahkan punya hubungan yang sangat dekat. Perjalanan kisah Naruto ini pun terbilang sangat mirip dengan Joko Widodo alias Jokowi yang merupakan presiden ketujuh Indonesia. Sebab, Jokowi bisa dibilang memiliki rival abadi, yaitu Prabowo Subianto, yang ‘bertarung’ melawannya lewat dua edisi pemilu.

Meski kalah oleh Jokowi, Prabowo pun pada akhirnya dipercaya oleh rivalnya tersebut sebagai Menteri Pertahanan Indonesia di masa jabatan kedua Jokowi sebagai presiden. Menariknya lagi, di pemilu 2024 mendatang, Prabowo menggandeng Gibran Rakabuming, yang merupakan anaknya Jokowi, sebagai cawapresnya.

Editor : Rizal Fadillah

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network