Peristiwa Kelam 13 November: Mulai dari Badai Bhola hingga Tragedi Semanggi I

Rizal Fadillah
Badai Bhola di Bangladesh. (Foto: Ilustrasi/Dw)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sejumlah peristiwa besar terjadi pada 13 November. Rangkaian peristiwa ini pun kemudian tercatat menjadi bagian dari sejarah kelam.

Bagaimana tidak, rangkaian peristiwa ini telah menghilangkan ribuan bahkan ratusan ribu nyawa manusia. Lantas apa saja peristiwa yang terjadi pada 13 November? Berikut ulasannya, dikutip dari wikipedia.

1970 – Badai Bhola di Bangladesh Tewaskan 500 Ribu Orang

Badai Bhola merupakan sebuah siklon tropis mematikan yang menerjang kawasan Pakistan Timur ‎(Bangladesh) dan Benggala Barat India pada 12 November 1970. Berdasarkan catatan, lebih dari 500.000 orang tewas dalam peristiwa alam ini.

Badai Bhola yang menjadi salah satu siklon tropis paling mematikan di dunia saat itu memiliki kecepatan 190 kilometer per jam. Badai Bhola sendiri mereda usai meluluhlantakkan Bangladesh pada 13 November 1970. Badai Bhola menyebabkan perang saudara terkait kemerdekaan Bangladesh.

1985 – Gunung Nevado del Ruiz Meletus dan Menewaskan 23 Ribu Orang

Nevado del Ruiz adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Kolombia. Gunung ini meletus pada 13 November 1985. ‎Akibat letusan tersebut, Kota Armero di Kolombia terkubur, kemudian menewaskan sekira 23.000 orang.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network