Kepala LLDIKTI Jabar dan Banten Dorong Seluruh Prodi Terakreditasi di 2024

Abbas Ibnu Assarani
kegiatan "Refleksi Capaian 2023 dan Penandatanganan Komitmen Kinerja", di Aula LLDIKTI Wilayah IV, Lantai 2, Jalan PHH Mustoppa No 38, Kota Bandung, Selasa (2/1/2024). (Foto:Istimewa)

Lalu peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di perguruan tinggi yang semakin meningkat. Pasalnya di tahun sebelumnya sangat minim. "Kini meningkat luar biasa. Bahkan mendapatkan silver winner (Anugerah Diktiristek 2023) sebagai LLDIKTI yang cukup intensif dalam proses sistem penjamin mutu internal perguruan tinggi," kata Samsuri, kepada awak media.

Akreditasi prodi yang unggul juga meningkat tajam dari 174 prodi menjadi 194 prodi (dari jumlah 2.700 prodi, di atas 60 persen, terakreditasi baik sekali). Itu pun kata Samsuri, angkanya terus bergerak, akan lebih banyak lagi yang terakreditasi unggul.

"Aturan ke depan sudah tidak mengenal baik sekali, sesuai aturan Permen 53. Adanya terakreditasi, tidak terakreditasi dan satu pilihan unggul. Pasalnya yang unggul ini akan berbayar (prosesnya). Tetapi untuk sampai terakreditasi biayanya akan ditanggung oleh pemerintah," ia menjelaskan.

Intinya kata Samsuri, esensi adanya LLDIKTI, harus tercermin dari perguruan tinggi yang taat azas serta taat mutu. 

Hal penting lainnya, masyarakat tidak boleh dirugikan dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi. Ia mencontohkan seperti tidak diberikan layanan pendidikan yang terbaik. "Kuliah tidak mendapatkan apa-apa. Tidak ada perkuliahan itu tidak diperkenankan, di SN Diktinya tidak diperbolehkan," Samsuri menegaskan.

LLDIKTI Wilayah IV pun kata Samsuri, di tahun 2024 ini akan mendorong dan melakukan inovasi online "coaching clinic". 

"Untuk semua urusan kita siapkan online coaching clinic. Misalkan terkait kerjasama, SPMI, penguatan tracer study, tracer terhadap lulusan, kita akan siapkan coaching clinic secara berkala. Minimal dua Minggu sekali kita akan lakukan. Ini salah satu terobosan," kata Samsuri.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network