Baliho OTW Jakarta Ridwan Kamil Ternyata Iklan Skincare, Pengamat Politik: Pencitraan

Rina Rahadian
Ridwan Kamil. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan turut mengomentari klarifikasi Ridwan Kamil soal baliho OTW Jakarta yang disebutnya sebagai iklan skincare.

Menurut Firman, baliho OTW Jakarta milik Ridwan Kamil bukan hanya alat atau trik yang digunakan untuk menarik perhatian. Namun juga bagian dari pencitraan politik untuk meningkatkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.

“Jangan lupa Kang Emil itu sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar, yaitu untuk Pilgub DKI dan Pilgub Jabar, jadi kalau kita lihat posisi seperti itu, apa yang dilakukan oleh Kang Emil itu sebagai upaya membangun pencitraan dan memperbesar peluang jika memang maju di Pilgub DKI,” ucap Firman saat dihubungi, Kamis (29/2/2024).

Ditambah lagi, Ridwan Kamil memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik. Sehingga, baliho OTW Jakarta tersebut sudah seharusnya dipahami sebagai strategi politik.

“Kita kan juga tahu, Kang Emil sejak jadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar memiliki kelebihan komunikasi publik yang baik, jadi kalau bagi saya harus memahami bahwa ini adalah bentuk komunikasi publik dari seorang politisi yang sudah mendapatkan rekomendasi dari partainya walaupun belum pasti,” tuturnya.

Adapun terkait keberhasilan Ridwan Kamil dalam menarik suara melalui baliho tersebut, Firman mengatakan hal tersebut perlu dipantau hingga Pilkada 2024.

“Itu yang perlu dilihat kedepannya, yang pasti saat ini saya melihatnya itu upaya Kang Emil untuk mendapatkan panggung dan agar dibicarakan di ruang publik, saya memahami itu sebagai strategi politisi,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan kamil memberikan klarifikasinya tentang baliho OTW Jakarta yang ramai jadi perbincangan publik. Melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Kamis (29/2/2024), politisi Partai Golkar ini mengatakan jika baliho OTW Jakarta itu bukanlah billboard komunikasi politik.

"Tentang billboard yang kemarin ramai itu, bukanlah billboard komunikasi politik. Tapi itu adalah billboard marketing iklan dimana saya menjadi brand ambassador sebuah inovasi skincare khusus untuk para lelaki yang bernama @r1formen," tulis Kang Emil, sapaan akrab nya.

Kang Emil menjelaskan, alasan menyematkan Jakarta dalam baliho tersebut lantaran produk yang dilaunching itu berlokasi di ibukota.

"Kenapa “OTW Jakarta nih” karena launchingnya di Jakarta, di Senayan City tanggal 18 Maret. Jika launchingnya di Surabaya tentunya ada billboard “OTW Surabaya nih”," katanya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network