Nurcholish Madjid Terima Lifetime Achievement Award, Kang Ace: Apresiasi bagi Alumni Berprestasi

Agus Warsudi
Menag Yaqut Cholil Qoumas menyerahkan Lifetime Acheivement Award kepada Ommy Komariah, istri almarhum Nurcholis Madjid di acara IKALUIN Jakarta Award 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - IKALUIN Jakarta Award 2024: Kiprah Alumni Untuk Bangsa berlangsung sukses di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu (26/5/2024). Sebanyak 10 kategori penghargaan diberikan kepada para alumni UIN Jakarta yang berprestasi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Agama (Menag) Yaqut Kholil Qoumas atau Gus Yaqut, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar, Ketua Umum IKALUIN Jakarta Tubagus Ace Hasan Syadzily atau Kang Ace, Plt Dirjen Pendis Kemenag Prof Dr Abu Rokhmad, dan undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh qori dan qoriah. Selanjutnya pemutaran lagu Indonesia Raya dan Himne UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Silaturahmi nasional dan IKALUIN Jakarta Award 2024 sukses terselenggara dengan didukung oleh Almuni UIN, Baznas, BSI, dan BPKH.

IKALUIN Jakarta Award merupakan acara pemberian penghargaan kepada alumni yang telah berkiprah di berbagai bidang.

Ketua Pelaksana IKALUIN Jakarta Award 2024 Anick HT mengatakan, panitia bekerja secara maraton selama satu bulan dimulai dengan penjaringan nominator penerima AKALUIN Jakarta Award 2024.

IKALUIN Jakarta Award dimulai sejak 2022 lalu. Acara ini diharapkan menjadi ajang representasi diaspora, kiprah, dan dampak sosial alumni UIN. Tahun ini, IKALUIN Award yang kedua diselenggarakan. Dari proses penjaringan, terjaring 130 nominator yang diusulkan penerima IKALUIN Award 2024.

Dari 130, tersaring menjadi 70 nominator, ditambah shotlist 6 nominator yang diusulkan pada 2022 lalu. Sehingga 6 nominator itu dimasukkan ke dalam kandidat penerima IKALUIN Jakarta Award 2024. Tersaring lagi kandidat dari 2020. 

Kemudian, disusun kategori award oleh tim panel dari IKALUIN Jakarta, kapasitas dan kapabiltasnya tak perlu diragukan lagi, yakni, Prof Dr Ahmad Najib Burhani, Prof Dr HM Asroruni Ammusoleh, Prof Dr Euis Amaliah, Prof Dr M Maksum, Ali Irfani MHI, Rizaludin Kurniawan MSi, Yunianti Khuzaifah PhD, Dr Jaka Badranaya, dan Iwan Muana. Tim panelis menyusun 10 kategori penerima penghargaan IKALUIN Jakarta 2024. 

Secara khusus tim panelis mengunci satu kategori yang tidak ada pada 2022, yaitu Alumni Muda Berpengaruh yang diberikan untuk mengapresiasi kiprah anak-anak muda UIN yang ternyata luar biasa.

"Karena itu, kami berharap IKALUIN jadi tradisi untuk memberikan apresiasi bagi peran, kontribusi, dedikasi, dan konsistensi teman-teman IKALUIN Jakarta yang fakta memang bekerja tidak bekerja di bidang yang digelutinya di meja kuliah. Mungkin 90 persen almuni yang bekerja di luar bidang studinya di Kampus UIN Jakarta," kata Anick HT.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network