TBC di Kota Badung Sentuh 18.314 Kasus, Pemkot Lakukan Hal Ini

Abbas Ibnu Assarani
Pemkot Bandung berkomitmen untuk mempercepat penanggulangan TBC sesuai dengan Perpres nomor 67 tahun 2021. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pemkot Bandung berkomitmen untuk mempercepat penanggulangan TBC sesuai dengan Perpres nomor 67 tahun 2021. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan ada beberapa langkah strategis telah diambil, seperti pembentukan tim percepatan penanggulangan TBC, penyediaan anggaran untuk penanganan TBC, dan memasukan penanggulangan TBC dalam rencana pembangunan daerah.

"Targetnya tahun 2030 di Kota Bandung bisa bebas TB. Untuk itu kerja sama ini tentunya dapat mengakselerasi target tersebut," kata Anhar saat acara Diseminasi Rencana Kerja Program USAID Bebas TB di Balai Kota Bandung, Kamis (30/5/2023).

Ia menyebut, tahun 2023, Kota Bandung menempati urutan ke 10 dari 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat dengan penemuan kasus TBC sebanyak 18.314 kasus TBC (130 persen). Sedangkan untuk pencapaian (Standar Pelayanan Minimal (SPM) penemuan kasus terduga TBC di Kota Bandung sudah di atas 100 persen. 

Anhar mengatakan, beberapa kegiatan yang akan diakselerasi dengan kerjasama ini yakni Investigasi kontak pasien TBC (skrining untuk orang-orang yg kontak serumah dan kontak erat dengan pasien TBC), peningkatan angka keberhasilan pengobatan dan pelacakan pada pasien mangkir terutama pada pasien TB Lintas Batas.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network